Minggu, 12 Agu 2018 16:29 WIB

Fortnite Tak Ada di Play Store, Google Rugi Rp 742 Juta

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Fornite. Foto: istimewa Fornite. Foto: istimewa
Jakarta - Pilihan Epic Games untuk tak mendistribusikan Fortnite melalui Play Store memang menguntungkan bagi mereka. Di sisi lain, pilihan tersebut malah merugikan Google.

Yang dimaksud rugi di sini adalah Google kehilangan potensi pendapatan yang nilainya tak tanggung-tanggung, mencapai USD 50 juta atau sekitar Rp 742 miliar. Menurut Sensor Tower, angka ratusan miliar ini hanya untuk tahun 2018 saja.



Angka ini dihitung dari potongan 30% dari setiap pemasukan aplikasi yang didistribusikan melalui Play Store. Apple pun memberlakukan aturan serupa untuk aplikasi yang beredar di App Store.

Fortnite diperkirakan sudah memberikan pemasukan USD 54 juta bagi Apple dari pembelian item in-game tersebut. Angka ini diperkirakan masih akan terus bertambah sampai akhir 2018 ini, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Minggu (12/8/2018).



Secara total, Epic Games disebut sudah meraup pemasukan USD 1 miliar sampai saat ini, dan peluncurannya di Android tentunya akan menggenjot pemasukan tersebut.

Sekalipun langkah yang diambil Epic Games untuk peluncurannya di Android terbilang unik, yaitu membuat Fortnite tersedia secara eksklusif (meski cuma sementara) di sejumlah perangkat Samsung, salah satunya di Galaxy Note 9 yang baru saja diluncurkan di New York, Amerika Serikat beberapa hari yang lalu. (agt/rou)