Sabtu, 11 Agu 2018 19:07 WIB

Skyegrid, Platform Cloud Gaming Pertama di Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Dok. Skygrid Foto: Dok. Skygrid
Jakarta - Skyegrid, startup buatan anak muda Indonesia meramaikan industri game di Tanah Air. Mereka baru saja meluncurkan platform game streaming berbasis cloud atau dikenal cloud gaming.

Sebagai informasi, secara sederhana bahwa Skyegrid memungkinkan siapa saja untuk bermain game triple A dari appaun perangkat yang dimilikinya, termasuk laptop berbasis Windows, MacBook, dan iMac, bahkan Android juga bisa dilakukan.

"Selama ini, untuk memainkan game triple A, kita membutuhkan konsol game, misalnya PlayStation, Xbox, atau PC berspesifikasi tinggi. Tapi, nggak semua orang mampu membelinya. Inilah alasan saya dan teman-teman tergerak untuk menciptakan solusi bernama Skyegrid," ujar Rolly Edward, CEO Skyegrid dalam siaran persnya, Sabtu (11/8/2018).


Sebagai gambaran, untuk memain sebuah game tanpa Skyegrid, seseorang harus membeli sebuah konsol game PlayStation 4 500 GB seharga Rp 3,5 juta yang didukung satu unit TV ukuran 32 inchi seharga Rp 2,5 juta.

Ongkos tersebut belum termasuk lainnya, sebutnya soal system requirement yang harus dipenuhi gamer untuk memainkan game itu. Misalnya, untuk melakukan upgrade VGA, memori maupun prosesor pada desktop PC dan laptop, budgetnya tidaklah murah.

Dengan demikian, melalui Skyegrid, siapapun bisa bermain game triple A tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

"Bermain dari mana saja, kapan saja, tanpa memusingkan perangkat yang harganya mahal, juga system requirement game yang tinggi. Ya, paling tidak punya ponsel Android, itu sudah cukup," tuturnya.

"Sehingga, investasi untuk bermain game terasa sangat mahal bagi sebagian orang. Sebab itu, kami akan mengubah cara pandang orang tentang bermain game dengan Skyegrid," tegas Rolly.

Cara Bermain Skyegrid

Untuk mengatasi persoalan tersebut, Skyegrid yang bisa diakses melalui OS Android (ponsel pintar, tablet), Windows (laptop, desktop PC), Mac OSX (Macbook, iMac, Mac Mini), sampai Xbox One, menyediakan 50 judul game triple A terpopuler di Indonesia, dari sekitar 25 publisher game ternama di dunia, saja Ubisoft, CD Projekt, Epic Games, 2K.

"Dan, masih banyak lagi. Jumlahnya akan terus kami tambah sampai 120 judul game favorit di Indonesia, pada akhir tahun ini," ungkap Rolly.

Bagi pengguna Android atau Android TV, Anda bisa mengunduh Skyegrid di Play Store. Begitu pun pengguna laptop atau PC Windows 10, unduh Skyegrid di Microsoft Store, termasuk pengguna Xbox One. Sedangkan, pengguna Macbook dan iMac berbasis Mac OSX, silakan unduh Skyegrid langsung dari App Store.

"Sementara, pengguna Windows 7 ke bawah, Linux, dan Macbook jadul, Anda bisa memainkan game-game di Skyegrid langsung dari browser Google Chrome. Cukup buka www.skyegrid.id," jelasnya.

Cara berlangganannya pun sangat mudah. Pengguna hanya perlu mendaftar (sign up) di website Skyegrid ( http://skyegrid.id ), lalu pilih "Berlangganan," kemudian pilih Metode Pembayaran. Setelah pembayaran selesai diproses, voila, pengguna bisa langsung memainkan puluhan game yang ada di Skyegrid sepuasnya selama 30 hari.

Skyegrid menyediakan satu paket berlangganan, yakni Rp179.000 untuk 30 hari. Dengan berlangganan ini, siapa pun bebas bermain di platform yang mereka miliki, selama perangkat itu berbasis Android, Windows, dan Mac OS X.

Pengguna yang ingin berlangganan, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mendaftar (sign up) di website Skyegrid (Skyegrid), lalu pilih "Berlangganan". Selanjutnya, pilih Metode Pembayaran. Setelah pembayaran selesai diproses, Anda bisa langsung memainkan game yang ada di Skyegrid selama 30 hari ke depan.

Sementara itu, untuk pengguna yang sudah memiliki akun Steam aktif bisa mentautkan akun tersebut ke Skyegrid guna menambah koleksi game-game tersebut. (asj/asj)