Kamis, 26 Jul 2018 17:44 WIB

Xbox bakal Rilis Dua Konsol di 2020?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kabar mengenai konsol baru dari Xbox terus merebak. Kali ini, mereka dikabarkan bakal merilis dua perangkat sekaligus pada 2020.

Pada ajang Electronic Entertainment Expo (E3) 2018 lalu, Microsoft sempat mengumbar informasi seputar perangkat konsol penerus Xbox One.

Adalah Vice-President of Gaming Microsoft Phil Spencer, yang mengatakan jika timnya sedang fokus pada konsol terbaru dari perusahaan asal
Amerika Serikat tersebut.



Kini, laporan terbaru menunjukkan jika mereka berencana meluncurkan dua konsol sekaligus. Yang pertama adalah versi konvensional sebagaimana konsol pada umumnya. Sedangkan satunya lagi merupakan perangkat dengan tenaga yang lebih rendah dan ditujukan khusus bagi game streaming berbasis cloud.

Kemunculan versi untuk game streaming seakan memperkuat strategi Microsoft mengincar sektor tersebut. Pasalnya, pada perhelatan E3 lalu, perusahaan pimpinan Satya Nadella tersebut telah mengumumkan akan membuat sistem cloud untuk gaming.

Sistem yang belakangan diketahui bernama Scarlett Cloud tersebut rencananya akan dipadukan dengan konsol terbaru Xbox versi game streaming.

Sebagaimana detikINET kutip dari Thurrott, Rabu (25/7/2018), dua konsol anyar Xbox tersebut diprediksi akan dirilis pada 2020 mendatang.

Untuk banderolnya sendiri diperkirakan akan lebih murah dibandingkan seri konvensionalnya. Meski begitu, konsol berbasis cloud tersebut akan memiliki kemampuan terbatas dalam melakukan tugas seperti controller input, image processing, dan collision detection.

Meski ditaksir memiliki harga yang cenderung lebih rendah, nantinya user konsol versi game streaming tersebut kemungkinan akan membayar lebih untuk berbagai layanan seperti Xbox Live dan Xbox Gamepass. Hal ini dikarenakan seluruh game akan ditempatkan di cloud.



Jika benar demikian, keputusan Microsoft memperkuat sektor cloud gaming miliknya itu mungkin menjadi pilihan yang tepat. Co-founder sekaligus CEO Ubisoft Yves Guillemot sempat mengatakan jika seluruh pengguna nantinya akan bermain game lewat streaming.

Terlebih, para pesaing seperti Sony dan Nintendo tampak tidak memiliki platform sebagaimana yang dipunya Microsoft dalam sektor tersebut.

Menarik untuk disimak, sejauh mana perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen tersebut membawa bisnis gaming miliknya. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed