BERITA TERBARU
Rabu, 18 Jul 2018 12:21 WIB

EA Sports Jago Banget Ramal Juara Piala Dunia

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Antoine Griezmann berseragam Prancis. Foto: easports.com/fifa Antoine Griezmann berseragam Prancis. Foto: easports.com/fifa
Jakarta - Pada Mei lalu, EA Sports mengeluarkan prediksinya terhadap kejuaraan Piala Dunia 2018, mulai dari juaranya hingga para penyabet gelar individu. Menariknya, mereka berhasil menerka pemenang gelaran empat tahunan tersebut dengan tepat.

Salah satu pengembang game olahraga terbesar itu memprediksi Prancis sebagai juara Piala Dunia 2018, dan tebakan tersebut memang benar adanya. Selain itu, sejumlah perkiraan EA Sports mengenai jalannya kompetisi tersebut juga tepat sasaran.

Unit bisnis dari Electronic Arts ini berhasil menebak jika Mesir dan Islandia tidak akan melaju ke fase gugur dan tersingkir babak grup yang berisikan 32 tim. Lalu, mereka juga dengan tepat memprediksi Portugal dan Argentina harus tersingkir lebih awal setelah kalah dari lawan-lawannya, yaitu, secara berurutan, Uruguay dan Prancis di babak 16 besar.


Kemudian, di babak perempatfinal, EA Sports secara jitu menebak Brazil harus angkat kaki setelah ditaklukkan Belgia. Kekalahan Uruguay atas Prancis di fase ini pun juga sudah diprediksi olehnya.

Bahkan, pengembang game tersebut juga menerka jika semifinal hanya akan dihuni oleh tim nasional asal benua Eropa. Mereka juga berhasil memperkirakan jika Prancis akan melenggang ke final setelah menaklukan Belgia. Meski begitu, pertandingan semifinal yang lain diprediksi EA Sports akan diisi oleh Spanyol dan Jerman, walau kenyataannya Inggris dan Kroasia lah yang bertanding.

Unit bisnis yang lahir pada 1991 ini memprediksi final akan mempertemukan Prancis dengan Jerman dan berakhir dengan adu penalti untuk kemenangan tim Ayam Jantan. Prediksi juaranya memang betul, tapi Prancis berhasil meraih trofi Piala Dunia setelah menuntaskan perlawanan Kroasia dengan skor 4-2.

Prediksi tersebut merupakan hasil dari simulasi pertandingan dari awal hingga akhir kompetisi melalui game sepak bola andalan mereka, yaitu FIFA 18 yang sudah mendapat update khusus Piala Dunia. Dengan teknik serupa, EA Sports juga sukses memprediksi Jerman sebagai juara Piala Dunia 2014 lalu.


Sayangnya, mereka gagal total dalam memperkirakan peraih gelar individu. EA Sports memprediksi Antoine Griezmann sebagai top skor dan pemain terbaik, yang sejatinya masing-masing disabet oleh Harry Kane dan Luka Modric.

Untuk urusan penjaga gawang terbaik, pengembang game tersebut memilih kiper Spanyol dan Manchester United, David De Gea, sebagai prediksinya. Sayang, justru kiper Belgia dan Chelsea, Thibaut Courtois, yang sukses mendapat penghargaan tersebut.

Sedangkan titel pemain muda terbaik diprediksi olehnya jatuh kepada penyerang Brazil dan Manchester City, Gabriel Jesus. Lagi-lagi, tebakan tersebut kurang tepat lantara Kylian Mbappe yang berhasil memperoleh gelar pemain muda terbaik di Piala Dunia 2018.

Di samping itu, pihaknya juga merilis data mengenai statistik permainan di FIFA 18 pada mode Piala Dunia. Sudah 406 juta pertandingan dilakukan dengan tercipta 1 miliar gol, 1,7 miliar penyelamatan oleh kiper, 195 juta kartu kuning, dan 25 juta kartu merah.

Torehan FIFA 18 mode Piala Dunia 2018.Torehan FIFA 18 mode Piala Dunia 2018. Foto: Istimewa

Brasil menjadi negara yang paling banyak dipilih oleh user dengan capaian 170 juta pertangingan. Menyusul di belakangnya ada Prancis (153 juta pertandingan), Argentina (81 juta pertandingan), serta Belgia dan Portugal dengan masing-masing 80 juta pertandingan.

Menariknya, catatan yang dihitung dari jumlah permainan di konsol game tersebut justru kalah oleh statistik permainan FIFA pada perangkat mobile. Terdapat 410 juta pertandingan dijalankan, dengan 1,4 miliar gol tercipta pada game FIFA Mobile, sebagaimana detikINET kutip dari Engadget, Selasa (17/7/2018). (mon/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed