Senin, 25 Jun 2018 10:50 WIB

Xbox One Tak Dukung VR, Microsoft Ingkar Janji

Raden Fadli Sumawilaga - detikInet
Xbox One X. Foto: istimewa Xbox One X. Foto: istimewa
Jakarta - Para pengguna Xbox One dipastikan bakal kecewa. Pasalnya, konsol game besutan Microsoft ini tidak akan memiliki fitur Virtual Reality (VR) di dalamnya.

Dilaporkan GamesIndustry.biz, raksasa software ini tidak lagi mengembangkan dukungan VR untuk konsol Xbox One, seperti yang pernah mereka janjikan sebelumnya. Lalu Microsoft pun mengingkari janjinya untuk menyematkan fitur Mixed Reality (MR), sebuah teknologi hybrid yang dapat menghadirkan objek digital seolah menjadi nyata.

"Kita tidak memiliki rencana spesifik untuk pengembangan virtual reality dan mixed reality di konsol Xbox," kata Microsoft Chief Marketaing Officer, Mike Nichols, kepada CNET di acara E3 video game convention di Los Angeles beberapa waktu lalu.



Ia menambahkan bahwa pengembangan VR maupun MR akan dilakukan untuk PC. Hal ini dikarenakan PC dianggap sebagai platform yang lebih tepat untuk pengembangan teknologi ini.

Hal ini jelas bertolak belakang dengan apa yang pernah disampaikan oleh pimpinan Xbox, Phil Spencer. Sang pimpinan secara gamblang menjanjikan fitur VR dan MR (yang dikenal dengan Project Scorpio), saat mengenalkan konsol Xbox One X pada Juni 2016 lalu.

"Hardware ini diciptakan secara spesifik untuk membawa industri konsol ke dalam 4K gaming yang sebenarnya, serta VR dengan tingkat kesempurnaan yang tinggi," ujar Spencer seperti detikINET kutip dari CNET, Senin (25/6/2018).

Satu tahun setelah event tersebut, pada tahun 2017, Spencer mengatakan kepada CNET 'lagi' bahwa Xbox One X akan didukung penuh fitur VR, setelah Wall Street Journal mengabarkan sebaliknya.



Namun, Spencer kemudian mengungkapkan sesuatu yang berbeda dengan apa yang ia sampaikan sebelumnya. Dalam sebuah wawancara yang dilakukan Jeff Gerstmann dari Giant Bomb, Spencer mengungkapkan bahwa pihaknya masih ragu mengenai kesiapan VR untuk konsol Xbox.

"Saya khawatir bahwa beberapa tahun yang lalu, kami mungkin memiliki ambisi yang berlebihan mengenai VR, daripada kemungkinan yang dapat diberikan teknologi tersebut serta pengalaman di dalamnya," kata Spencer.

Intinya, teknologi VR masih belum siap bahkan tidak akan diusung di konsol Xbox. Pihak Microsoft sendiri telah mengungkapkan bahwa pengembangan teknologi VR dan MR akan lebih difokuskan di platform PC, bukan di konsol game besutannya. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed