Jumat, 22 Jun 2018 12:26 WIB

Awas! Versi Palsu Fortnite Android Mejeng di YouTube

Raden Fadli Sumawilaga - detikInet
Fame Fortnite. Foto: istimewa Fame Fortnite. Foto: istimewa
Jakarta - Game battle royale Fortnite terhitung sudah tiga bulan melenggang di platform iOS. Kini gamer harus lebih berhati-hati karena muncul APK game ini yang hadir di berbagai video YouTube, yang setelah dicoba oleh banyak pihak, ternyata APK tersebut palsu atau scam.

Para penggemar Fortnite memang sudah tidak sabar menunggu kehadiran game ini di platform Android. Dan kehadiran video YouTube ini seolah memberikan angin segar untuk para pengguna Android.

APK game ini tidak dapat ditemui di Google Play Store, mengingat pihak Google yang sangat 'galak' terhadap aplikasi palsu. Namun APK ini dapat diunduh melalui sebuah link yang tertaut di sebuah video YouTube seperti detikINET kutip dari Independent, Jumat (22/6/2018).


Hebatnya, sang pembuat aplikasi palsu ini mengemas semuanya dengan sempurna. Menurut laporan Nathan Collier dari Malwarebytes, pembuat aplikasi palsu ini menggunakan ikon yang diambil dari iOS, menyematkan logo Epic Games hingga menampilkan loading screen yang sama persis seperti game Fortnite versi iOS.

Setelah loading screen selesai, maka akan muncul sebuah laman yang berisikan pesan "new updates". Mengetuk ikon tersebut akan mengarahkan kita pada log in screen yang juga 'dicuri' dari versi iOS.

Setelah kita coba log in, di sinilah permasalahan dimulai. Aplikasi Fortnite disebutkan membutuhkan "mobile verification", yang akan membawa kita pada web browser untuk memastikan bahwa penggunanya bukan bot. Namun ternyata, setelah itu kita hanya diarahkan untuk mengunduh aplikasi lain, seperti aplikasi scammer lainnya.


Aplikasi ini dikabarkan bukan malware. Tetapi tetap saja kita masih tidak akan bisa memainkan game Fortnite di Android.

Seperti yang diumumkan oleh sang developer, Epic Games, pihaknya menyebutkan bahwa game Fortnite untuk Android masih dalam tahap pengembangan. Dapat disimpulkan bahwa kemungkinan besar, game ini tak akan rilis di Android hingga akhir tahun ini. (jsn/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed