Kamis, 21 Jun 2018 21:59 WIB

7 Perbedaan Resident Evil 2 Remake dengan Aslinya

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Capcom menghentak ajang Electronic Entertainment Expo (E3) 2018 dengan beragam pengumuman game terbaru, tak ketinggalan Resident Evil 2 Remake. Lewat versi remake ini Capcom ingin kembali mengajak pecinta game horor untuk bernostalgia dengan salah satu seri Resident Evil terbaiknya.

Dirilis tahun 1998, Resident Evil 2 pertama kali hadir untuk platform PlayStation One. Game ini mengisahkan petualangan Leon S. Kennedy dan Claire Redfield di tengah kekacauan serangan zombie di Racoon City.

Leon yang kala itu masih menjabat sebagai polisi muda mendapat tugas untuk berkunjung ke Racoon City terkejut dengan situasi kota yang kacau balau. Di saat yang bersamaan, ia bertemu dengan Claire yang pergi ke Racoon City dengan tujuan mencari sang kakak Chris Redfield (Resident Evil 1).

Kini, setelah 20 tahun berlalu Capcom kembali menghadirkan keseruan game tentunya dengan perbaikan di sana-sini. Lalu apa saja yang membedakan versi remake ini dan aslinya? Berikut beberapa perbedaannya!


1. Grafis Lebih Kece

Lima Perbedaan Antara Resident Evil 2 Remake dan Versi OriginalFoto: istimewa

Bicara remake, tentu saja grafis yang ditampilkan pastinya lebih kece dari sebelumnya. Perlu diingat bahwa ini adalah game remake, bukan remaster seperti yang pernah dilakukan Capcom pada Resident Evil 0 HD.

Karenanya, Capcom menggambar ulang tata kota dan lingkungan di dalam game. Tentu saja yang paling ikonik adalah kantor polisi Racoon City, lengkap dengan hall utama yang dihiasi oleh patung.


2. Puzzle yang Berbeda

Lima Perbedaan Antara Resident Evil 2 Remake dan Versi OriginalFoto: istimewa

Bagi Anda yang masih ingat akan game Resident Evil 2, tentu akan familiar dengan patung air mancur yang terletak di hall utama. Patung ini merupakan puzzle yang harus dipecahkan oleh pemain di awal game.

Jadi, Anda diharuskan mencari semacam emblem untuk diletakkan di tengah-tengah patung. Bila sudah diletakkan, maka patung akan bergerak maju dan menjatuhkan sebuah kunci, dimana dipakai untuk mengakses pintu.

Nah, bila di versi asli emblem hanya ada satu slot, maka kini di versi remake terdapat tiga slot emblem. Anda diharuskan untuk mencari ketiga emblem tadi, karena menurut buku catatan yang dipegang Leon, patung ini akan membuka pintu yang mengarah pada jalan keluar.


3. Leon Terlihat Lebih Muda

Lima Perbedaan Antara Resident Evil 2 Remake dan Versi OriginalFoto: istimewa

Dengan grafis yang ala kadarnya pada masa itu, tentu saja wajah karakter tidak begitu terlihat jelas. Namun, di versi remake ini wajah karakter dibuat sangat jelas sehingga ketika tampil di dalam trailer banyak gamer yang kaget Leon tampil dengan wajah yang lebih muda.

Perbandingan ini tentu saja mengacu pada penampilan Leon di Resident Evil 4 (PlayStation 2) dan Resident Evil 6 (PlayStation 3). Memang bila dibadingkan dengan dua judul tadi, Leon di versi remake ini punya wajah yang 'baby face'.

Hal ini sengaja dilakukan karena di Resident Evil 2 sendiri usia Leon baru menginjak 21 tahun. Ia pun masih menjabat sebagai polisi muda (rookie). Wajahnya sendiri memang tidak terlalu terlihat jelas di versi asli karena memang detail di game saat itu sangat rendah.


4. Kegelapan yang Mencekam

Lima Perbedaan Antara Resident Evil 2 Remake dan Versi OriginalFoto: istimewa

Di versi asli, tata cahaya di koridor kantor polisi dibuat terang dengan zombi dan segala macam musuh bisa terlihat jelas jika muncul. Nah, sayangnya di versi remake ini Anda harus mempersiapkan mental lebih jauh lagi.

Berdasarkan demo gameplay yang diputar di E3 2018, koridor tempat Leon menyambangi petugas polisi menjadi gelap. Penerangan pun hanya terpancar dari lampu senter yang dibawa oleh Leon. Karenanya, dengan situasi gelap mencekam ini, bermain dengan headphone akan terasa menegangkan.


5. Buka Pintu

Buka pintu di versi lawas.Buka pintu di versi lawas. Foto: istimewa

Salah satu hal yang ikonik dari seri Resident Evil lawas adalah cara membuka pintu. Baik di seri pertama, kedua, dan ketiga membuka pintu terlihat dramatis dengan latar suara pintu yang mencekam.

Namun, di versi remake ini membuka pintu tidak sama seperti versi original. Anda tinggal menerabas pintu seperti di Resident Evil 7. Kecepatan membuka pintu tergantung dari gerakan. Bila Anda merasa kurang yakin apa yang ada di balik pintu, maka pintu akan terbuka dengan lambat.


6. Zombie Agak Sulit Dibunuh dan Sulit Dihindar

Lima Perbedaan Antara Resident Evil 2 Remake dan Versi OriginalFoto: istimewa

Di awal permainan, Leon baru memiliki senjata tipe tangan dengan model H&K VP70 9mm. Senjata yang dipakai di remake ini sama seperti yang dipakai di versi original.

Untuk membunuh zombie, sedari dulu mitosnya adalah Anda harus mengincar kepala. Tapi, di versi remake ini dengan bermodal handgun tadi maka Anda paling tidak harus menghajar kepala zombie sampai tiga kali, sekalipun itu di kepala.

Dan tak cuma itu, sekalinya zombie sudah tumbang bukan jaminan ia benar-benar tumbang. Zombie akan kembali hidup apabila Anda melewatinya kembali.

Kesusahan pun tak sampai di situ. Bila di versi original zombie bisa Anda gocek dengan mudah. Di versi remake ini, menghindar dari serangan zombie dibuat sulit. Bahkan dalam sebuah demo, ketika ingin menghindar gamer malah terkena serangan.


7. Sudut Kamera dari Bahu

Lima Perbedaan Antara Resident Evil 2 Remake dan Versi OriginalFoto: istimewa

Terakhir yang tak kalah mencolok adalah perbedaan sudut pandang kamera. Bila Anda masih ingat, sudut pandang kamera dibuat fixed. Mengarah senjata terasa kaku.

Namun, di versi remake sudut kamera dibuat dari belakang bahu. Sudut ini sama seperti Resident Evil 4, 5, dan 6. Anda bisa mengarahkan senjata dengan menekan tombol L2 dan menembak dengan R1. (mag/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed