Senin, 04 Jun 2018 11:30 WIB

Babat Habis Elite8, Boom.ID Jawara IEL Vainglory Season 1

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Dok. True Digital Plus Foto: Dok. True Digital Plus
Jakarta - Pertandingan Final Indihome eSport League (IEL) Season 1 resmi berakhir pada tanggal 1 Juni kemarin dengan Boom.ID keluar sebagai juara pertama. Boom.ID berhasil menjadi juara pertama setelah bertarung sengit dengan Elite8 Esports di laga final.

Laga Final IEL Vainglory Season 1 kemarin merupakan puncak acara dari keseluruhan babak qualifier hingga group stage yang diselenggarakan dari mulai bulan Maret sampai Mei 2018 di seluruh Indonesia. Nantinya periode liga akan berlangsung selama dua tahun yang terbagi menjadi empat season.

Yang menarik dari IEL ini adalah babak kualifikasi diadakan dengan menggunakan Mobil Indihome. Dari keseluruhan rangkaian acara, IEL Vainglory Season 1 ini telah mencatat lebih dari 5.600 pertandingan.

Juara dua Elite8 Esports.Juara dua Elite8 Esports. Foto: Dok. True Digital Plus

Dan dari 409 tim yang mendaftar, terpilihlah delapan tim terbaik yang berlaga di final, antara lain Sanger Pancung (Banda Aceh), Boom.ID (Jakarta), Elite8 Esports (Jakarta), Fearless (Jakarta), PG BarracX (Sidoarjo), Mirages (Gresik), PLAYMAKER ID (Manado), dan PETEKOME (Makassar). Acara ini pun digelar atas kerjasama dari tiga pihak, yakni Telkom Indonesia (Telkom) Vainglory, dan True Digital Plus Indonesia (TDPI).

"Liga ini merupakan bagian dari strategi marketing untuk memperkenalkan experience terhadap konektivitas IndiHome yang sangat stabil sehingga dapat menjadi referensi komunitas Gamers di seluruh Indonesia," ujar Jemy Confido sebagai VP Marketing Management PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) ketika pembukaan acara.

Babat Habis Elite8, Boom.ID Juarai IEL Vainglory Season 1Foto: Dok. True Digital Plus

Babat Habis Elite8, Boom.ID Juarai IEL Vainglory Season 1Foto: Dok. True Digital Plus

Sementara itu,Country Director dari True Digital Plus Indonesia Sofian Martineau mengatakan jika turnamen ini adalah salah satu bagian dari empat season yang akan menjadi liga eSports dengan jangkauan atau coverage offline & online terluas di Indonesia berkat dukungan lebih dari 3.000 mobil Indihome.

Seperti yang disebutkan di awal, laga final antara Boom.ID dan Elite8 Esports berlangsung menegangkan. Di permainan awal, Boom.ID berhasil mencuri skor 1-0. Lalu kemudian Elite8 Esports tak tinggal diam dan menyamakan skor menjadi 1-1.


Meski begitu, Elite8 Esports yang pernah menjadi wakil Indonesia di ajang Vainglory World Championship tahun lalu ini harus mengakui kehebatan Boom.ID. Skor akhir pun 2-1.

Babat Habis Elite8, Boom.ID Juarai IEL Vainglory Season 1Foto: Dok. True Digital Plus

Atas kemenangannya itu, Boom.ID berhak membawa pulang hadiah senilai Rp 50 juta. Sementara Elite8 Esports cukup lega dengan hadiah Rp 20 juta. Sekadar informasi, total hadiah yang dikucurkan Telkom untuk turnamen kali ini adalah Rp 1 miliar. Tentu, total hadiah ini untuk empat musim.

Pembukaan Indonesia Esport Stadium

Bersamaan dengan Final Indihome eSport League (IEL) Season 1, Telkom sekaligus meresmikan Indonesia Esport Stadium yang terletak di Amanyaak Building, Puit, Jakarta Utara. Arena ini akan menjadi arena khusus eSports terbesar di Indonesia dengan kapasitas mencapai 500 orang sitting atau 1200 orang standing dengan luas sekitar 1500 meter persegi.

Babat Habis Elite8, Boom.ID Juarai IEL Vainglory Season 1Foto: Dok. True Digital Plus

Indonesia Esport Stadium dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas serta teknologi yang mendukung industri eSport, seperti konektivitas dengan high speed internet access 1:1, eSports streaming, Boot Camp untuk eSports Athlete, fasilitas videotron indoor untuk mendukung promosi acara, dan sebagainya.

Arena ini pun diklaim sanggup menjalankan pertandingan masif seperti PlayerUnknown's Battleground (PUBG) sekalipun karena memiliki konektivitas internet 1:1 langsung ke backbone domestic dan backbone internasional yang mumpuni.

"Event eSports sering sekali dilakukan di tempat yang dipersiapkan untuk acara umum, seperti mal atau convention yang bukan khusus untuk eSports. Sejalan dengan hal tersebut, MDMedia berkolaborasi dengan Optima menghadirkan arena khusus eSports yang terbesar di Indonesia," ujar Syaifudin Direktur Utama PT Metra Digital Media (MDMedia).

(mag/mag)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed