Telkom Siap Bangun Fasilitas eSport di Indonesia

ADVERTISEMENT

Telkom Siap Bangun Fasilitas eSport di Indonesia

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Selasa, 29 Mei 2018 15:03 WIB
Foto: Dok. True Digital Plus
Jakarta - Perkembangan eSport di Indonesia sedang dalam tahap membanggakan dengan diadakannya pertandingan eksibisi eSport di Asian Games 2018 untuk pertama kalinya. Telkom Indonesia pun sebagai King of Digital in the region mencoba untuk memfasilitasi atlet eSport di Indonesia.

Caranya adalah dengan membuka fasilitas untuk mengayomi atlet eSport berlatih. Rencana Telkom dalam memfasilitasi atlet eSport ini sendiri diteruskan oleh anak perusahaannya, yakni PT Metra Digital Media bekerjasama dengan PT. Optima Energi Indonesia/AGe Network.

Menurut Direktur Utama PT. Metra Digital Media Syaifudin, pihaknya akan segera menghadirkan stadium esports 'dedicated' yang terbesar di Asia Tenggara dengan disertai fasilitas layaknya pelatnas seperti bootcamp dengan connectivity yang mumpuni bagi para atlit untuk berlatih-tanding dengan lawan dari manca-negara.


"Meski baru singkat terjun dalam industri esports, kemitraan dengan PT Optima Energi Indonesia telah berhasil dipercaya oleh beberapa korporasi besar yang aktif untuk melibatkan eSport untuk meningkatkan penjualan, seperti dari operator seluler, termasuk salah satu ecommerce terbesar dunia serta dipercaya untuk menjalankan Liga Indihome yang merupakan liga antar-kota terbesar di Indonesia mencangkup Sabang sampai Merauke," ujarnya dalam keterangan email, Selasa (29/5/2018).

Telkom Siap Bangun Fasilitas eSport di IndonesiaFoto: Dok. Telkom

Kemitraan dengan Optima Energi Indonesia diharapkan bisa menjadi one-stop-shop bagi perusahaan yang ingin melibatkan eSPort untuk meningkatkan brand asset, akselerasi penjualan, maupun retensi pelanggan.

Tak hanya itu, dalam waktu dekat pihak Metra Digital Media akan segera meluncurkan platform esports 'lightweight' yang sangat cocok untuk kondisi konektifitas di Indonesia saat ini, terutama untuk bermain game. "Kedepannya, para atlet Indonesia tidak perlu lagi terganggu dengan kekurangan bandwidth," paparnya.

Sayang, meski disebut akan membangun fasilitas eSport untuk para atlet berlatih, Syaifudin tidak menjelaskan di mana letak fasilitas tersebut.

Telkom sendiri baru saja menggelar babak kualifikasi Pro Evolution Soccer (PES) 2018 untuk mencari perwakilan Indonesia di ajang Asian Games 2018. (mag/mag)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT