Senin, 07 Mei 2018 08:40 WIB

The Duke, Kontroler Lawas Xbox Siap Lahir Kembali

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: kontroler Xbox Foto: kontroler Xbox
Jakarta - Para gamer yang sudah memainkan Xbox sejak versi perdana siap-siap bernostalgia. Pasalnya, produsen konsol game yang berada di bawah naungan Microsoft ini kembali mengusung kontroler lawasnya, yaitu The Duke.

Adalah Hyperkin, perusahaan manufaktur dan distributor video game asal Amerika Serikat, yang melahirkan kembali kontroler untuk Xbox generasi pertama tersebut. Meski tidak dibuat langsung oleh Xbox, namun Duke tetap mempertahankan bentuk aslinya.

Selain itu, kontroler ini pun tetap membutuhkan kabel agar dapat digunakan saat bermain, sama halnya dengan Duke orisinal. Satu hal yang membedakan adalah kini kabelnya dapat dipasang-lepas dengan hadirnya port micro-USB. Agar semakin membangkitkan nostalgia, susunan tombol pun dibuat sama persis dengan versi aslinya.



Perubahan tampak dari tombol Back dan Start diubah namanya menjadi Menu dan Change View, sebagaimana detikINET kutip dari Forbes, Senin (7/5/2018). Kemudian, logo Microsoft dihilangkan dari bodi kontroler ini, sama halnya dengan slot memory card yang memang sudah tidak dibutuhkan di era gaming saat ini.

Lalu, terdapat jack audio 3,5 mm sehingga penggunanya dapat melakukan chat lewat Xbox Live dengan menggunakan headset. Hyperkin pun tak lupa untuk menambahkan bantalan kecil di bagian kanan dan kiri kontroler tersebut yang memiliki fungsi pada berbagai game di Xbox One.

Satu hal yang dapat dikatakan paling menarik perhatian adalah tombol Xbox raksasa di tengah bodi Duke. Ketika ditekan, tombol tersebut akan menayangkan tampilan saat Xbox orisinal dinyalakan pada layar LCD yang dipasangkan pada kontroler tersebut.



Sejatinya, versi asli dari kontroler tersebut lahir pada tahun yang sama Xbox seri perdana, yaitu 2001. The Duke hanya bertahan selama setahun perannya digantikan oleh kontroler S yang lahir pada 2002.

Selain dapat digunakan untuk Xbox One, Hyperkin Duke juga dapat digunakan pada PC yang menjalankan sistem operasi Windows 10. kontroler ini akan mulai tersedia di Britania Raya mulai 8 Mei nanti dengan harga 69,99 poundsterling, atau setara dengan Rp 1,3 juta.

(rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed