BERITA TERBARU
Rabu, 25 Apr 2018 15:12 WIB

Awas! Nintendo Switch Rawan Dibobol Hacker

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Nintendo Switch. Foto: afr/detikINET Nintendo Switch. Foto: afr/detikINET
Jakarta - Celah pada chip konsol Switch membuat para hacker dapat mengutak-atiknya sesuka hati, yang ternyata tidak dapat diperbaiki begitu saja oleh Nintendo.

Walau mencatat penjualan yang terbilang bagus, ditambah semakin banyaknya kehadiran judul-judul game baru, ternyata Nintendo Switch memiliki satu masalah serius yang harus diselesaikan. Masalah tersebut adalah rawannya konsol ini dalam menjadi sasaran para hacker.

NVIDIA Tegra X1, prosesor yang digunakan oleh Switch, diketahui memiliki celah sehingga dapat dimanfaatkan oleh para hacer utnuk mengakses sistem operasi dari konsol tersebut. Lebih buruknya lagi, dikarenakan serangan tersebut menyasar ke hardware, bukan software, Nintendo pun tidak dapat memasangkan patch keamanan untuk melindungi konsol miliknya itu.



Dengan begitu, lebih dari 14 juta konsol yang sudah beredar di seluruh dunia menjadi terancam oleh serangan tersebut. Satu-satunya cara untuk menghindari serangan ini, sebagaimana detikINET kutip dari The Verge, Rabu (25/4/2018), adalah dengan merilis versi terbaru dari Switch yang dibekali pembaruan terhadap Tegra X1.

Serangan terhadap Switch ini bisa dibilang mirip seperti jailbreak pada ponsel. Para hacker pun ditengarai tengah membuat mod untuk hardware Switch dalam memudahkan aksinya. Begitu hacker berhasil mengeksploitasi celah di dalam hardware konsol tersebut, maka Switch pun bisa dibuatnya menjalankan berbagai aplikasi secara kustom. Lebih lagi, hacker bernama fail0verflow menunjukkan bahwa Switch pun bisa diubahnya menjadi tablet berbasis Linux.




Menanggapi hal tersebut, Nintendo pun sudah menyiapkan update software terbaru yang diiringi dengan perbaikan pada sistem hardware-nya melalui revisi pada sektor SoC (system on a chip). Hal ini disebutkan oleh hacker bernama SciresM melalui akun Twitter miliknya.


(fyk/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed