Rabu, 07 Mar 2018 09:37 WIB

Eksibisi eSports di Asian Games 2018 Penting

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Perhelatan Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang nantinya ikut diramaikan oleh pertandingan eSport atau olahraga elektronik (game). Meski hanya sebatas eksibisi, ini menjadi pembuka jalan eSport menuju event resmi dunia.

Pendapat ini disampaikan oleh Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta. Menurutnya eksibisi eSports di Asian Games 2018 nanti menjadi modal awal penting meretas jalan ke event dunia.p

"Kalau mau masuk event dunia, seperti Asian Games, ya harus pintunya eksibisi. Kalau eksibisi saja tidak, ya kapan masuknya. Nah sekarang disukuri saja masuk eksibisi," ujar pria yang akrab disapa Isnan ini di The Pallas, Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Raden Isnanta, Deputi Pembudayaan Olahraga.Raden Isnanta, Deputi Pembudayaan Olahraga. Foto: Muhammad Alif Gunawan/detikINET


Nantinya, lanjut Isnan, jika masyarakat sudah mengenal apa itu eSports dan menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang keren serta membawa harum nama bangsa baru bisa berlanjut ke tingkat selanjutnya.

Tak hanya itu, perlu ada penilaian tersendiri terhadap eSports setelah eksibisi. Menjadi bahan pertimbangan, seperti jumlah pesertanya dan sebagainya.

"Kita lihat nanti saja eskibisi. Berapa negara yang ikut. Semakin banyak negara yang ikut, maka nanti panitia internasional akan mengatakan bahwa ini (eSports) pantas diadakan," ucapnya.

Eksibisi eSports ini sendiri nantinya akan dilakukan di Jakarta. Namun, untuk tempatnya Isnan mengaku belum tahu informasinya. (mag/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed