Selasa, 06 Mar 2018 18:52 WIB

Beli Game di Ponsel, Jutaan Orang Rela Potong Pulsa

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: dok. detikINET Foto: dok. detikINET
Jakarta - Metode pembayaran carrier billing atau potong pulsa dalam game sudah diterapkan operator telekomunikasi sejak lama. Kebiasaan ini pun ternyata digemari oleh puluhan juta orang.

Operator telekomunikasi Telkomsel menyatakan, dari total jumlah pelanggannya yang hampir 200 juta, sekitar seperempatnya teridentifikasi sebagai gamer. Jumlah ini pun diperkirakan meningkat signifikan di tahun 2018.

Adapun hasil identifikasi ini diambil dari pembayaran potong pulsa untuk game. Jadi, disebutkan ada 40 juta pelanggan Telkomsel yang melalukan transaksi potong pulsa untuk game yang terhitung di tahun 2017.

"Jumlah 40 juta ini yang menggunakan payment-nya Telkomsel untuk pembelian kredit dalam game dan item-in app dalam game," papar Auliya I Fadli, General Manager Games & Apps Telkomsel yang ditemui detikINET di The Pallas, Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Sayang, Fadly enggan untuk menyebutkan berapa nilai transaksi yang diperoleh dari pembelian item game dengan potong pulsa tadi. Hanya saja, ia memberikan proyeksi apabila akan terjadi pertumbuhan sekitar 30% di tahun 2018 untuk pembelian game tadi.

Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan

Pertumbuhan ini, ucap Fadly, bisa saja terjadi mengingat penerimaan masyarakat terhadap game sudah semakin tinggi.

"Selain itu, untuk bermain game membutuhkan sinyal yang kuat. Telkomsel punya sinyal terkuat dari Sabang sampai Merauke. Itu lah yang mendorong mereka main game," ucapnya.

Masih berkaitan dengan potong pulsa, menurut Fadly rata-rata pelanggan menghabiskan uang untuk game berkisar Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu. Jumlah ini rata-rata dikeluarkan per orang selama setiap bulannya.

"Spending-nya cukup besar itu. Karena games itu kan paling minimal aja mungkin ada di Rp 15 ribuan. Tapi Rp 15 ribu kan dapat kreditnya sedikit tuh. Untuk yang beneran gamer di Rp100 ribuan. Kalau casual gamer lebih kecil," terangnya. (mag/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed