Kamis, 08 Feb 2018 15:42 WIB

Jegal Nintendo dan Sony, Google Siapkan Project Yeti

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: detikINET/Rachmatunnisa Foto: detikINET/Rachmatunnisa
Jakarta - Hingga kini industri game konsol mungkin hanya dikuasai oleh tiga pemain besar, yakni Nintendo, Sony, dan Microsoft. Namun, sepertinya ketiga pemain ini harus waspada karena Google dikabarkan mulai ekspansi ke industri tersebut.

Ekspansi ini ditandai dengan munculnya Project Yeti. Kabar mengenai Project Yeti ini sendiri pertama kali muncul dalam situs The Information. Menurut salah seorang sumber yang tak mau disebutkan namanya, Project Yeti adalah sebuah layanan streaming game berbayar.

Seperti diketahui, layanan seperti ini memang bukan hal yang baru. Perusahaan seperti Sony dan Nvidia bahkan sudah menciptakan layanan ini beberapa tahun lalu. Dengan layanan streaming game, gamer tak lagi harus menunggu lama waktu download, karena game tersebut dimainkan langsung dari penyimpanan berbasis awan.

Sony sendiri punya PlayStation Now yang bisa di-stream langsung dari PlayStation 4 atau PC. Sedangkan Nvidia punya layanan GeForce Now yang dimainkan dari Nvidia Shield atau komputer canggih dengan GPU Nvidia.

Project Yeti sendiri, seperti dikutip detikINET dari Gizmodo, Kamis (8/2/2018), tadinya akan disiapkan meluncur pada akhir tahun 2017. Namun, karena alasan yang tidak jelas, peluncuran akhirnya ditunda. Google sendiri menargetkan Project Yeti bisa dirilis di musim liburan 2019.

Masih seputar Project Yeti, sumber tersebut mengatakan bahwa Project Yeti tak cuma bisa dimainkan lewat Chromecast Google, tapi juga dengan konsol. Ya, Google kabarnya menyiapkan perangkat konsol seperti PlayStation 4 dan Xbox One.

Google sepertinya benar-benar seris akan menggempus industri game. Hal ini karena, Google baru-baru ini memperkerjakan veteran game Phil Harrison, yang merupakan mantan eksekutif di divisi pengembangan game Sony dan Microsoft Xbox. (mag/mag)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Dear Netizen, Waktu Imsak Hari Ini 4.26 WIB

    Dear Netizen, Waktu Imsak Hari Ini 4.26 WIB

    Senin, 28 Mei 2018 03:40 WIB
    Setiap menjalani sahur di bulan Ramadan, ada banyak netizen yang mencari tahu kapan waktu imsak tiba. Ingat, hari ini imsak pukul 4.26 WIB dan subuh 4.36 WIB.
  • Tokopedia Kalahkan WhatsApp dan Instagram

    Tokopedia Kalahkan WhatsApp dan Instagram

    Senin, 28 Mei 2018 02:50 WIB
    Aplikasi Tokopedia dalam waktu singkat berhasil memuncaki Apple Store dan Google Play mengalahkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Kok bisa?
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.