Microsoft Tarik Game Bunuh Diri Logan Paul dari Xbox

Microsoft Tarik Game Bunuh Diri Logan Paul dari Xbox

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Senin, 05 Feb 2018 12:25 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Microsoft mengumumkan akan menarik game yang terinspirasi dari peristiwa nyeleneh YouTuber Logan Paul di hutan Aokigahara, Jepang di dalam program Xbox Live Creators Collection. Kini game tersebut pun resmi menghilang dari peredaran Xbox Marketplace.

Bertajuk The Suicide Forest, game ini bukan dibuat oleh Microsoft, melainkan developer game independen bernama Felipe Orion. Menurut pengakuannya, ia mengerjakan game itu hanya dalam waktu empat hari sebagai percobaan sosial tentang pengembangan game indie.

Game ini, sebelum ditarik, memiliki deskripsi yang sangat nyeleneh dan menohok Logan Paul sendiri. "Bermain sebagai vlogger, Anda akan mengeksplorasi hutan Aokigahara mencari jenazah untuk mendapat jutaan tontonan di channel Anda," begitu bunyi tulisan tersebut.

Hutan tersebut pun dikatakan berbahaya. Pemain harus berhati-hati karena bila tidak akan mereka akan berakhir menjadi jenazah, seperti dikutip detikINET dari Eurogamer, Senin (5/2/2018).



Kemunculan game tersebut menarik perhatian gamer dan netizen. Community manager Bear 'Bearskopff' Parker dari TT Games sangat terkejut dengan kemunculan game ini. Melalui Twitter ia menyampaikan pendapatnya.

"Apakah ini candaan? Baru saja memeriksa Creators Collection di Xbox Marketplace dan menemukan sebuah game gratis, rating PEGI 3 diadopsi dari perjalanan Logan Paul di Aokigahara Forest," cuitnya.

Tak lama, Xbox Community Manager Larry Hryb pun membalas cuitan Bearskopff. "Ini sudah ditangani," balasnya pada tanggal 31 Januari lalu.

Microsoft langsung bereaksi dengan mengeluarkan pernyataan bahwa game ini tengah diproses untuk penarikan. Dan tak lama dari pernyataan tersebut, The Suicide Forest saat ini sudah tak dapat dimainkan. (mag/mag)