Rabu, 24 Jan 2018 21:43 WIB

Mobile Legends Jadi Aplikasi Paling Laris di 2017

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Mobile Legends Mobile Legends
Jakarta - App Annie merilis laporan retrospektif di tahun 2017. Dari laporan itu terungkap sejumlah tren yang terjadi di tahun 2017, termasuk salah satunya fakta bahwa Mobile Legends menjadi game nomor satu dari segi download.

Jumlah download ini merupakan gabungan dari App Store dan Google Play Store. Sementara di posisi kedua ditempati oleh Ludo King dari Gametion dan Clash of Clans yang berada di urutan ketiga top download.

Tak cuma nomor wahid top download, Mobile Legends juga menempati urutan pertama dalam kategori Consumer Spend. Mobile Legends berhasil unggul dari judul-judul game ternama lainnya, seperti 8 Ball Pool, Clash Royale, Clash of Clans, dan Zynga Poker.

Meski beberapa kali berada dalam urutan nomor satu, Mobile Legends masih tetap tidak bisa mengalahkan Clash of Clans bila dilihat dari jumlah pengguna aktif bulanan. Game buatan Moonton itu hanya puas di posisi kedua, sementara di bawahnya ada Clash Royale dan juga 8 Ball Pool.

Aplikasi Berperan Penting dalam Bisnis

Masih berkaitan dengan laporan retrospektif, App Annie mengungkap adanya perubahan besar yang terjadi di pasar konsumen di 2017. Perusahaan-perusahaan di industri seperti industri keuangan, travel dan video streaming tengah melakukan restrukturisasi besar agar mereka dapat beradaptasi dengan pasar, dimana aplikasi telah mengambil peran yang signifikan dalam layanan dan operasi bisnis.

Beberapa perusahaan mencatat, lebih dari setengah penjualan yang mereka raih dikontribusi saluran perangkat mobile, di mana peluang untuk membeli sesuatu tiga kali lebih besar terjadi di saluran aplikasi daripada browser seluler.

"Sejak Apple meluncurkan app store satu dekade yang lalu, yang memercik revolusi aplikasi ponsel pintar, aplikasi terus merevolusi berbagai industri pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya hingga 2017. Peran aplikasi bukan lagi sekedar 'tambahan'. Aplikasi telah menjadi bagian integral dari layanan dan penjualan," kata Jaede Tan, Regional DirectorApp Annie, Rabu (24/1/2018).

Tak hanya itu, Tan menyebut jumlah aktivitas mengunduh aplikasi secara global telah melebihi 175 miliar. Dibandingkan dengan 2015, jumlah pengguna yang mengunduh aplikasi naik sebesar 60%.

Pada periode yang sama, jumlah waktu yang pengguna habiskan dalam menggunakan aplikasi naik 30% menjadi 3 jam pada 2017. Di Indonesia sendiri, rata-rata pengguna menghabiskan 240 menit di aplikasi. (mag/rou)