Rabu, 10 Jan 2018 12:03 WIB

Gamer Pro Mobile Legends Buka-bukaan Soal Fenomena Joki

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Muhammad Alif Goenawan/detikINET Foto: Muhammad Alif Goenawan/detikINET
Jakarta - Fenomena jasa joki game Mobile Legends ternyata sudah jadi rahasia umum di antara pemainnya. Termasuk di antaranya gamer profesional Mobile Legends.

Kepada detikINET, gamer profesional Mobile Legends bernama Aldio Fernando memiliki pandangan tersendiri terhadap jasa joki game. Menurut Aldio, jasa joki game ini mendatangkan keuntungan finansial bagi pelakunya.

"Jujur menurut saya pribadi menguntungkan banget. Kami sebagai tim atau gamer profesional itu biasanya sering menang, joki pun jadi lebih gampang. Untuk perb ulannya bisa menerima pesanan sampai tiga sampai empat bila rajin," papar gamer dengan akun E8.Jack.LogitechG ini kepada detikINET di Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Aldio pun mengaku pernah menggeluti profesi sebagai joki game di musim keempat. Hanya saja, usahanya ini tak bertahan lama, hanya sekitar satu bulan. Tarif yang ditawarkan berbeda-beda tergantung peringkat.

Untuk Mythic, tarifnya dipatok Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu per bintang. Untuk Legend bisa sampai Rp 12 ribuan dan Epic Rp 8 sampai Rp 12 ribu. Semakin besar nama gamer, semakin mahal harga yang ditawarkan.

Meski begitu, Aldio mengaku main akun sendiri lebih enak. "Feel-nya lebih dapat. Dan lagi ada sistem emblem, kalau mainin akun orang emblemnya beda. Jadi, kami di Elite8 lebih prefer untuk memainkan akun sendiri untuk mencapai ranked," tambahnya.

Itu kalau dilihat dari kacamata finansial. Lain lagi bila dilihat dari ekosistem game. Aldio tak memungkiri bahwa praktik joki ini juga mendatangkan nilai negatif, yakni banyaknya gamer katrolan yang bersaing dengan gamer yang benar-benar jago.

"Jadi banyak toxic player. Maksudnya pemain yang merasa bintang tinggi padahal skill rata-rata. Kalau sudah gitu bisa merusak permainan dalam tim. Yang ada juga malah jadinya nge-bacot," paparnya. (mag/mag)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed