Minggu, 31 Des 2017 08:08 WIB

Penjualan Tahun Pertama Nintendo Switch Kalahkan PlayStation 2

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: istimewa/gamespot Foto: istimewa/gamespot
Jakarta - Penjualan Nintendo Switch semakin lama semakin meroket. Bahkan ada laporan yang menyebut penjualannya mengalahkan penjualan PlayStation 2 di tahun pertama.

Sekadar informasi, di tanggal 24 Desember lalu Nintendo mencatat penjualan sebanyak 900 ribu unit di Jepang. Berdasarkan perhitungan kumulatif yang dilakukan oleh Famitsu, hingga saat ini Nintendo Switch terjual sebanyak 3,3 juta unit di negara asalnya.

Dengan angka penjualan yang disebutkan tadi, seperti dikutip detikINET dari Polygon, Minggu (31/12/2017), Nintendo Switch mampu mengalahkan angka penjualan di tahun pertama PlayStation 2. Begitupula dengan angka penjualan Wii U sampai saat ini.

Baik Nintendo Switch maupun PlayStation 2 sama-sama dirilis di bulan Maret, dengan tanggal yang berbeda sehari, yakni tanggal 3 Maret untuk PlayStation 2 dan tanggal 4 Maret untuk Switch. Namun, harus diakui bahwa penjulan di bulan pertama konsol generasi kedua Sony itu lebih unggul dari Nintendo Switch, dimana 885.023 unit berbanding 524.371 unit.

Walau begitu, penjualan Nintendo Switch melesat tinggi selama musim liburan, dimana bulan di Oktober penjualannya mencapai 307.138. Penjualan yang meningkat drastis ini tak lain tertolong oleh peluncuran game Super Mario Odyssey yang memang menjadi game primadona konsol tersebut.

Sementara itu, Sony sempat mengalami masalah produksi di pertengahan tahun 2000. Hal ini menyebabkan pasokan PlayStation 2 menjadi terhambat di musim liburan. Dengan begitu total penjualan PlayStation 2 di tahun pertama yang hanya berkisar tiga juta unit.

Kendati PlayStation 2 kalah dari segi penjualan di tahun pertama dengan Nintendo Switch, konsol ini toh masih tetap memegang rekor konsol dengan penjualan terbanyak sampai saat ini. Menurut data, PlayStation 2 sampai terakhir telah terjual 155 juta unit.

Lantas apakah Nintendo Switch juga akan menyalip angkap penjualan total PlayStation 2? Bisa iya, bisa tidak. (mag/mag)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed