Senin, 27 Nov 2017 19:09 WIB

Pokemon Go Akibatkan Kerugian Puluhan Triliun

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: BBC Magazine Foto: BBC Magazine
Jakarta - Sejak pertama kali dirilis, game Pokemon Go menuai pro dan kontra. Salah satu kontra yang menjadi perhatian adalah, game ini bisa menyebabkan kelalaian pemainnya dan menimbulkan kecelakaan di jalan raya.

Ya, sebagaimana diketahui, game ini memadukan realitas dan dunia maya lewat teknologi augmented reality berbasis GPS. Dengan game ini, Anda bisa berburu Pokemon dengan peta yang dirancang berbasis lingkungan sekitar.

Tak hanya berjalan kaki, beberapa bahkan ada yang sampai menggunakan kendaraan untuk berburu. Cara ini tentu saja salah. Bahkan, penelitian yang dilakukan Universitas Purdue, Amerika Serikat menyebut bahwa kelalaian gamer Pokemon Go menyebabkan kerusakan dengan nilai miliaran dollar AS.

Seperti dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (27/11/2017), kerusakan yang ditimbulkan akibat bermain Pokemon Go sambil mengendara ditaksir berkisar antara USD 2 miliar sampai USD 7,3 miliar (sekitar Rp 98 triliun) dalam waktu 148 hari setelah game diluncurkan. Angka tersebut sudah termasuk dua korban jiwa yang melayang akibat berkendara sambil bermain game.

Perlu diingat bahwa data tersebut berdasarkan laporan kecelakaan untuk Tippecanoe County, Indiana. Kerugian moneter di sana mencapai kisaran USD 5,2 juta sampai USD 25,5 juta. Namun, ketika mencakup seluruh AS, maka angkanya melonjak mencapai USD 7,3 miliar.

Laporan yang berjudul Death by Pokemon Go ini menyalahkan game atas peningkatan 47% kecelakaan mobil di Tippecanoe County, Indiana. Dari peningkatan286 kecelakaan mobil yang terjadi dalam 148 hari pertama setelah game dirilis, 134 di antaranya terjadi di dekat PokeStops.

(rns/rns)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed