Sabtu, 25 Nov 2017 08:05 WIB

Pertama di Indonesia, Tokoh Marvel 'Dihidupkan' Lewat Augmented Reality

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Muhammad Imron Rosyadi/detikINET Foto: Muhammad Imron Rosyadi/detikINET
Jakarta - Setelah virtual reality, teknologi augmented reality memang tengah mencuri perhatian berbagai kalangan. Termasuk bagaimana menciptakan pengalaman augmented reality lewat tokoh komik Marvel.

Tak dipungkiri, popularitas Marvel di Indonesia cukup besar. Dengan lisensi yang didapat dari Walt Disney, 5DX Mobile Entertainment, mencoba untuk menciptakan pengalaman augmented reality bertajuk '5DX Featuring Marvel Collectible Card with AR features' atau yang disingkat Kartu 5DX.

Sedikitnya ada 32 tokoh, baik super hero maupun villain, dari film-film Marvel terbaru, seperti Thor: Ragnarok, Guardian of the Galaxy Vol.2, Doctor Strange, hingga Captain America: Civil War dihadirkan dalam kartu tersebut.

Di setiap Kartu 5DX tersebut terdapat QR Code yang khas untuk menjaga keaslian sekaligus mencegah pembajakan terhadap kartu tersebut.

Pertama di Indonesia, Tokoh Marvel 'Dihidupkan' Lewat Augmented RealityFoto: Muhammad Imron Rosyadi/detikINET

"QR Code ini bisa dibilang memiliki fungsi seperti antivirus untuk melindungi kartu tersebut," kata David, Co-Founder 5DX, saat ditemui dalam peluncuran Kartu 5DX di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, pada Jumat (24/11/2017).

Selain itu, setiap pemilik juga harus memindai QR Code itu untuk mengaktifkan kartu tersebut ke dalam aplikasi 5DX pada smartphone mereka, yang akan mewujudkan teknologi augmented reality yang ditanam di kartu tersebut.

"Setiap pemilik melakukan scan pada QR Code di tiap-tiap kartu, maka mereka akan mendapat poin. Nah, poin-poin itu nantinya bisa ditukar dengan hadiah-hadiah yang sudah kami siapkan," ujar David menambahkan.

Aplikasi bernama 5DX AR itu sendiri sudah dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store dan App Store.

Namun, bagi pengguna perangkat Apple harus sedikit bersabar karena pihak 5DX sendiri masih butuh 7-10 hari lagi untuk menyempurnakan sistem bagi iOS, yang dianggap lebih rumit.

Pertama di Indonesia, Tokoh Marvel 'Dihidupkan' Lewat Augmented RealityFoto: Muhammad Imron Rosyadi/detikINET

"Bisa dikatakan, ini merupakan permainan yang menggunakan augmented reality pertama di Indonesia," tutur Suwardi, General Manager Ocean Toy sebagai distributor ekslusif dari Kartu 5DX untuk outlet tradisional.

"Distribusi pertama akan dimulai pada minggu depan. Kira-kira, awal Desember ini Kartu 5DX sudah tersedia di pasaran," pungkas David.

Untuk setiap satu pak Kartu 5DX, yang terdiri dari sebuah hero card, environment card, weapon card, dan properties card, dibanderol dengan harga Rp 15.900, yang dapat dibeli di beberapa toko fisik dan e-commerce. (mag/mag)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed