Minggu, 22 Okt 2017 14:01 WIB

Adaptor Ini Memungkinan Main Konsol Jadul dengan HDMI

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Walau perkembangan teknologi game konsol terus maju, hal ini tidak menghalangi keinginan gamer untuk bermain game-game klasik macam Takeshi's Challenge atau mungkin McDonald's Treasure Land Adventure.

Karenanya, tak heran apabila Nintendo kemudian merilis versi mini dari perangkat game konsol NES dan SNES ke pasaran baru-baru ini. Meski demikian, bagi Anda yang kehabisan stok NES dan SNES classic atau mungkin masih menyimpan perangkat konsol yang lama, bisa mencoba alternatifnya dengan adaptor yang satu ini.

Sebuah produsen aksesoris yang menamakan dirinya Thanko baru saja merilis adapter bernama RGB21-HDMI Conversion Adapter. Dengan menggunakan adaptor ini, Anda bisa memainkan kembali perangkat game konsol lawas dan menyambukannya dengan colokan HDMI ke televisi.

Foto: istimewa

Bagi gamer di luar Jepang, kabel jenis RGB21 mungkin terdengar asing, mengingat selama ini gamer biasa menggunakan kabel tiga warna. Namun, bagi yang berminat bisa membeli kabel terpisah dengan harga USD 18 atau sekitar Rp 200 ribu. Model kabelnya pun beragam, ada yang untuk SNES, Sega Saturn, PlayStation, dan PlayStation 2.

Adaptornya sendiri, seperti dikutip detikINET dari Rocket News 24, Minggu (22/10/2017), dibanderol dengan harga USD 44 atau senilai Rp 595 ribu. Adaptor ini memungkinkan Anda untuk memainkan game dengan aspek rasio yang asli, yakni 4:3 atau mengubahkanya ke 16:9 untuk menyesuaikan dengan televisi modern yang bekerja dalam format PAL dan NTSC.

Adaptor ini juga mampu meningkatkan kualitas grafis dari game. Berikut beberapa contoh-contohnya.

Foto: istimewa

Foto: istimewa
(mag/mag)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed