Selasa, 03 Okt 2017 10:22 WIB

Penjualan Game FIFA 18 Versi Fisik Menurun, Ada Apa?

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
FIFA 18. Foto: EA FIFA 18. Foto: EA
Jakarta - FIFA 18 resmi dirilis pekan lalu. Namun, ada yang berbeda dari perilisan seri terbaru game sepakbola besutan Electronic Arts (EA) itu, yakni penjualan fisik yang menurun.

Penurunan ini terjadi di pasar game Inggris. Menurut catatan dari perusahaan Chart-Track, penjualan FIFA 18 fisik menurun 25% ketika peluncurannya di pekan kemarin bila dibandingkan dengan FIFA 17.

Lantas apakah ini kabar buruk? Belum tentu. Karena ada sejumlah faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan.

Faktor pertama, seperti dikutip detikINET dari Eurogamer, Selasa (3/10/2017), disebabkan karena peluncuran FIFA 18 di Inggris terjadi di hari Jumat. Sementara FIFA 17 dirilis hari Selasa. Jadi, dalam satu pekan masih ada tiga hari untuk mendongkrak penjualan mingguan ketika FIFA 17.

Faktor kedua disebabkan oleh meningkatnya game digital. Tapi game mainstream macam FIFA seharusnya tidak akan terlalu berpengaruh terhadap tren ini. Namun Chart-Track memberikan catatan kalau memang ada kenaikan popularitas dari kartu POSA, di mana berisi kode digital yang bisa dibeli di toko.

Jadi, walaupun menurun di penjualan fisik, FIFA 18 masih unggul di penjualan digital. Apalagi PlayStation 4 disebut meraih pangsa pasar besar dari penjualan FIFA 18, mencapai 60%. Angka ini naik 53% dibanding tahun sebelumnya.

(mag/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed