BERITA TERBARU
Selasa, 03 Okt 2017 08:18 WIB

Konsol Lawas Commodore 64 Siap Saingi NES Classic

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Commodore 64 Mini. Foto: istimewa Commodore 64 Mini. Foto: istimewa
Jakarta - Setelah pergerakan Nintendo yang melahirkan kembali konsol permainan jadul seperti NES Classic dan SNES Classic, banyak pengembang-pengembang lain yang mengikuti jejak perusahaan asal Jepang tersebut. Nama-nama seperti Atari, Sega, hingga Amiga pun ramai-ramai berusaha untuk mengembalikan kejayaan mereka di dunia gaming.

Kini, trend tersebut kembali berlanjut setelah Retro Games 'mendaur ulang' Commodore 64, personal computer terlaris di era 80-an, yang resmi dirilis kembali dengan mengusung nama Commodore 64 Mini (C64 Mini). Sesuai namanya, C64 Mini hanya memiliki ukuran 50% dari bentuk asli Commodore 64, yang pertama kali diluncurkan pada 1982, namun tetap mengadopsi 'sistem operasi' asli leluhurnya tersebut.

"Kami sangat bangga dapat membawa kembali banyak judul permainan lawas yang dicintai melalui salah satu format terbaik sepanjang masa," ujar Paul Andrews, Managing Director Retro Games.

Berbeda dengan Commodore 64 terdahulu, C64 Mini dapat disambungkan dengan televisi melalui kabel HDMI dan memiliki joystick yang terhubung menggunakan kabel USB. Dengan hadirnya dua port USB, hal ini mengindikasikan C64 dapat dimainkan secara multiplayer. Selain itu, pengguna juga dapat menghubungkan keyboard dengan port USB tersebut jika memang diperlukan.



Nantinya, C64 akan mengadopsi 64 judul permainan di dalamnya, termasuk beberapa diantaranya yaitu Armalyte, Impossible Mission, Monty On The Run, Paradroid, Spindizzy, serta Uridium, seperti dilansir detikINET dari Metro pada Selasa (3/10/2017).

Hingga kini belum ada tanggal resmi terkait peluncurannya, namun dikabarkan Retro Games akan memperkenalkannya pada 2018. Sementara harga C64 Mini ditaksir mencapai USD 95, termasuk didalamnya sebuah joystick, kabel HDMI, dan buku manual.

(yud/yud)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.