BERITA TERBARU
Selasa, 03 Okt 2017 08:18 WIB

Konsol Lawas Commodore 64 Siap Saingi NES Classic

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Commodore 64 Mini. Foto: istimewa Commodore 64 Mini. Foto: istimewa
Jakarta - Setelah pergerakan Nintendo yang melahirkan kembali konsol permainan jadul seperti NES Classic dan SNES Classic, banyak pengembang-pengembang lain yang mengikuti jejak perusahaan asal Jepang tersebut. Nama-nama seperti Atari, Sega, hingga Amiga pun ramai-ramai berusaha untuk mengembalikan kejayaan mereka di dunia gaming.

Kini, trend tersebut kembali berlanjut setelah Retro Games 'mendaur ulang' Commodore 64, personal computer terlaris di era 80-an, yang resmi dirilis kembali dengan mengusung nama Commodore 64 Mini (C64 Mini). Sesuai namanya, C64 Mini hanya memiliki ukuran 50% dari bentuk asli Commodore 64, yang pertama kali diluncurkan pada 1982, namun tetap mengadopsi 'sistem operasi' asli leluhurnya tersebut.

"Kami sangat bangga dapat membawa kembali banyak judul permainan lawas yang dicintai melalui salah satu format terbaik sepanjang masa," ujar Paul Andrews, Managing Director Retro Games.

Berbeda dengan Commodore 64 terdahulu, C64 Mini dapat disambungkan dengan televisi melalui kabel HDMI dan memiliki joystick yang terhubung menggunakan kabel USB. Dengan hadirnya dua port USB, hal ini mengindikasikan C64 dapat dimainkan secara multiplayer. Selain itu, pengguna juga dapat menghubungkan keyboard dengan port USB tersebut jika memang diperlukan.



Nantinya, C64 akan mengadopsi 64 judul permainan di dalamnya, termasuk beberapa diantaranya yaitu Armalyte, Impossible Mission, Monty On The Run, Paradroid, Spindizzy, serta Uridium, seperti dilansir detikINET dari Metro pada Selasa (3/10/2017).

Hingga kini belum ada tanggal resmi terkait peluncurannya, namun dikabarkan Retro Games akan memperkenalkannya pada 2018. Sementara harga C64 Mini ditaksir mencapai USD 95, termasuk didalamnya sebuah joystick, kabel HDMI, dan buku manual.

(yud/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed