BERITA TERBARU
Kamis, 14 Sep 2017 09:38 WIB

Thailand Juga Minta Game 'Duel Nabi vs Tuhan' Dimatikan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Screenshot Fight of Gods Foto: Screenshot Fight of Gods
Jakarta - Video game Fight of Gods yang bisa dimainkan di platform Steam menimbulkan kontroversi besar. Selain Malaysia dan Indonesia meminta game itu diblokir, otoritas Thailand diketahui juga mengajukan permintaan serupa.

Game baku hantam yang menyuguhkan ragam karakter dengan wujud dewa, nabi, dan Tuhan dari suatu agama ini dibesut oleh publisher game asal Inggris bernama PQube. Dikutip detikINET dari PCGames, PQube membenarkan kalau mereka telah dihubungi otoritas Thailand.

Secara formal, otoritas Thailand meminta Fight of Gods dihentikan penjualannya di Thailand. Dan PQube menyetujui permintaan tersebut.

"Setelah berbagai pertimbangan dan konsultasi, kami mulai memproses untuk menghentikan penjualan Fight of Gods di Thailand," kata mereka.

Thailand adalah negara dengan mayoritas penduduknya beragama Budha. Sehingga tak heran kalau mereka meminta game yang meresahkan itu dicekal karena tidak pantas simbol agama jadi permainan.

Sebelumnya gara-gara tayangan game tersebut, pemerintah Malaysia sempat memblokir akses internet di negaranya ke Steam. Namun, pihak Steam akhirnya meminta maaf dan menghapus game Fight of Gods dari platform-nya agar pemerintah Malaysia mau membukakan kembali akses yang sempat diblokir itu.


Sedangkan di Indonesia, menurut penuturan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada Steam agar memblokir game tersebut dari wilayah Indonesia.

"Iya, kami sudah mengirim surat untuk segera dilakukan geo blocking untuk wilayah Indonesia. Sesuai aturan kami, dalam waktu 2 x 24 jam mereka harus melaksanakan. Kalau tidak kami akan memblokir distributor channel," ujar Semuel kepada detikINET, Kamis (14/9/2017). (fyk/yud)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..