Selasa, 29 Agu 2017 09:47 WIB

Studi: Ini Waktu yang Pas untuk Main Game

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Ilustrasi. Foto: Thinkstock Ilustrasi. Foto: Thinkstock
Jakarta - Sebuah studi terbaru menemukan fakta bahwa bermain game di waktu tertentu bisa membuat tubuh lebih rileks.

Waktu istirahat adalah waktu yang spesial bagi para pekerja untuk rehat sejenak dari aktivitas yang penat. Nah, sebuah studi terbaru telah ditemukan fakta jika bermain game di waktu istirahat lebih membuat tubuh rileks ketimbang istirahat biasa.

Studi ini dilakukan ke 66 partisipan yang masing-masing dibagi menjadi tiga grup. Partisipan ini diberi tantangan untuk mengerjakan sesuatu dengan komputer yang menguras mental.

Setelah urusan pekerjaan selesai, tiba saatnya bagi partisipan untuk beristirahat dengan cara yang berbeda-beda. Grup pertama, misalnya, mereka bermain game casual bernama Sushi Cat. Grup kedua melakukan meditasi, sedangkan grup ketiga hanya bersantai-santai. Ketiganya diberi waktu bersantai lima menit.

Dari sini peneliti menemukan bahwa orang yang hanya duduk-duduk masih merasakan stres dikarenakan mereka masih terus merenungkan pekerjaan yang baru saja dilakukan. Sementara grup yang melakukan meditasi mengaku berkurang stresnya.

Namun, di antara tiga grup tadi, grup pertama mengaku merasa lebih baik setelah istirahat. Hal ini karena mereka bisa melepaskan beban pekerjaan yang ada dalam pikiran dengan bermain game.

"Kita sering mencoba untuk menambah kekuatan dalam menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, yang mungkin tidak seefektif dengan beristirahat untuk beberapa waktu. Orang harus merencanakan istirahat sejenak meluangkan waktu untuk kegiatan menarik dan menyenangkan, seperti bermain video game, yang bisa membantu mereka mengembalikan energi," tulis peneliti dari Universitas Central Florida, dikutip detikINET dari Rocket News 24, Selasa (29/8/2017).

Bagaimana menurut Anda? Apakah bermain video game mampu menghilangkan rasa penat dari pekerjaan?

(mag/yud)