Ini Alasan Sebenarnya Yun Zhao Mobile Legends Ganti Nama

Ini Alasan Sebenarnya Yun Zhao Mobile Legends Ganti Nama

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Selasa, 22 Agu 2017 16:51 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Bergantinya nama salah satu karakter hero di Mobile Legends, yakni Yun Zhao, membuat sebagian gamer-nya berspekulasi adanya isu pelanggaran hak cipta. Namun, pihak Moonton dengan tegas membantah isu tersebut.

Kepada detikINET, Fendy Tan, Overseas Operations Manager Moonton Indonesia memastikan bahwa tidak ada pelanggaran hak cipta untuk karakter Yun Zhao. Pergantian ini murni karena keinginan untuk mengubah nama hero agar tidak pasaran.

Seperti diketahui, hero Yun Zhao sudah dua kali berganti nama. Sebelum akhirnya memiliki nama Zilong, hero dengan tipe fighter/assassin ini sempat berganti nama menjadi Zhao Yun.

"Saya juga sebenarnya heran dengan tim produksi di China. Tiba-tiba diganti menjadi Zhao Yun. Ketika ditanya, ternyata cuma masalah penulisan marga. Karena terkadang marga itu penulisannya dibalik-balik," terang Fendy ketika ditemui detikINET di FX Sudirman, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Zhao Yun sendiri aslinya adalah seorang jenderal terkenal di zaman Tiga Kerajaan (Three Kingdoms), China. Sosoknya pun kerap dipakai oleh developer game sebagai karakter dalam game, sebagai contoh dalam serial game Dynasty Warrior.

Ini pun ternyata menjadi salah satu pertimbangan mengapa akhirnya berganti menjadi Zilong. "Zhao Yun ini kan sudah pasaran. Jadi kami ingin sesuatu yang berbeda," papar Fendy.

Lain Zhao Yun, lain pula dengan pergantian pelafalan jumlah membunuh. Belum lama ini pihak Moonton mengganti pelafalan Quadra Kill (membunuh empat kali dalam satu row) dan Penta Kill (membunuh lima kali) menjadi Maniac dan Savage.

Nah, pergantian ini dilakukan karena pihak Moonton waspada terjadi pelanggaran hak cipta. "Saya sudah riset, memang Quadra diambil dari kata quad yang bisa berarti empat dan penta lima. Namun, untuk Quadra ini ada kemungkinan hanya milik League of Legends. Jadi, biar aman diganti sajalah," ucap Fendy.

Meski saat ini sudah berganti menjadi Maniac dan Savage, ada kemungkinan pihak Moonton akan mengganti lagi pelafalannya. "Ingin ganti. Tapi, belum ada ide diganti jadi apa," pungkasnya. (mag/fyk)