Rabu, 16 Agu 2017 09:13 WIB

Duh! Kontroler PS4 Ternyata Pakai Teknologi Lawas

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Kontroler PS4. Foto: istimewa Kontroler PS4. Foto: istimewa
Jakarta - Baik PlayStation 4, Xbox One, maupun Nintendo Switch punya kontroler yang dilengkapi dengan teknologi rumble. Namun, tahukah Anda jika teknologi rumble yang hadir pada kontroler PlayStation 4 (PS4) atau DualShock 4 menggunakan teknologi lawas dari akhir 90-an?

Sebelum masuk pembahasan lebih jauh, mari kita mengenal apa itu teknologi rumble. Teknologi rumble mampu menghasilkan getaran pada kontroler dalam situasi tertentu.

Teknologi ini pertama kali dirilis tahun 1997 untuk kontroler Nintendo 64 dengan nama Rumble Pak. Hanya saja, kala itu teknologi rumble belum tertanam seperti yang ada di kontroler konsol saat ini, melainkan dipasang seperti layaknya aksesoris kontroler.

Nah, sejak saat itu teknologi rumble banyak dipakai oleh produsen game untuk kontrolernya. Nah, dari sekian banyak produsen pencipta teknologi rumble, Immersion menjadi perusahaan yang paling dipercaya produsen game, seperti Microsoft, Sony, dan Nintendo.

Namun, ketika Microsoft dan Nintendo telah berinvestasi untuk pengembangan teknologi rumble terbaru, seperti misalnya HD Rumble untuk Nintendo Switch, Sony masih bertahan dengan teknologi rumble lawas yang kini dipasangkan di DualShock 4, demikian dikutip detikINET dari Comic Book, Rabu (16/8/2017).

Informasi ini disampaikan langsung oleh CEO Immersion Vic Viegas dalam laporan keuangannya baru-baru ini. "Sony adalah satu-satunya penyedia konsol raksasa, yang pada dasarnya tidak memperbarui fitur rumble sejak akhir tahun 90an. Sementara yang lainnya, seperti lisensi kami di Microsoft dan Nintendo telah melanjutkan investasinya di teknologi baru," papar Viegas.

Bagi sebagian gamer mungkin menganggap teknologi ini tidak begitu pengaruh. Namun, ketika disandingkan dengan HD Rumble dari Nintendo Switch, rumble di PlayStation 4 kalah jauh.

(mag/yud)