Sabtu, 29 Jul 2017 15:00 WIB

Game Ini Ajak Pemainnya Belajar Kenali Berita Hoax

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Game Factitious. Foto: Factitious Game Factitious. Foto: Factitious
Jakarta - Dewasa ini sepertinya hampir susah membedakan mana berita yang hoax mana yang tidak. Fenomena ini pun menjadi peluang bagi developer untuk menjadikannya sebuah permainan.

Permainan yang dimaksud adalah Factitious. Dengan Factitious, Anda akan diajak untuk bermain dan sekaligus mengetahui mana berita yang benar, mana yang tidak. Caranya hanya cukup swipe ke kiri atau ke kanan.

Ya, sepintas aplikasi buatan American University JoLT bersama dengan AU Game Lab ini mirip dengan aplikasi Tinder. Hanya saja, bukan jodoh yang Anda swipe, melainkan artikel berita.

Cara mainnya cukup sederhana, seperti dikutip detikINET dari Rappler, Sabtu (29/7/2017), Anda akan disodorkan versi ringkas dan editan dari sebuah artikel yang datang dari situs tertentu. Tugas Anda adalah memilih mana yang benar, mana yang bohong.

Swipe ke kanan atau klik tanda centang bila Anda merasa artikel itu sungguhan. Namun, Anda bisa swipe ke kiri atau klik tanda silang bila merasa artikel itu hoax. Nah, di akhir setiap ronde, permainan akan menghitung seberapa baik Anda bisa menebak mana berita yang benar atau tidak.

Saat ini Factitious baru bisa diakses lewat browser. Belum ada aplikasi Android dan iOS.

(mag/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed