Selasa, 06 Jun 2017 18:17 WIB

PlayStation VR Laris Manis, Tembus Penjualan 1 Juta Unit

Yudhianto - detikInet
PlayStation VR. Foto: Anggoro Suryo Jati PlayStation VR. Foto: Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Diluncurkan tahun 2016 lalu, PlayStation VR sukses menuai respon positif. Pasalnya sampai pertengahan tahun 2017 ini penjualannya telah menyentuh angka 1 Juta unit.

Alhasil, raihan ini langsung menempatkan PlayStation VR di posisi kedua sebagai perangkat virtual reality (VR) yang paling laris di dunia. Di posisi teratas ada Galaxy VR bikinan Samsung yang mencetak penjualan sampai 5 juta unit.

Meski lebih banyak terjual, Galaxy VR dan PlayStation VR jelas memiliki segmen yang beda. Sebagai pembanding, harga Galaxy VR hanya di kisaran Rp 1,5 juta, sementara PlayStation VR banderolnya mencapai Rp 6 jutaan.

Meski begitu Sony optimis penjualan PlayStation VR masih akan terus naik. Apalagi saat ini ada sebanyak 60 juta pemilik konsol PlayStation 4, sehingga potensinya masih sangat tinggi. Di sisi lain, CEO Sony Interactive Entertainment America, Shawn Layden juga menyebut kalau pasokan PlayStation VR sempat tersendat.

Layden sesumbar penjualan PlayStation VR diprediksi bakal makin meningkat, terutama di akhir 2017. Terkait game yang didukungnya, seperti detikINET kutip dari GSM Arena, Selasa (6/6/2017), tercatat sudah ada sekitar 5,25 juta game yang dibeli gamer.

Kembali ke soal penjualan, di bawah Galaxy VR dan PlayStation VR, ada HTC vive dan Oculus Rift yang mengisi posisi ketiga dan keempat sebagai perangkat VR paling laris di pasaran. Dua perangkat VR 'kelas berat' ini terbilang lumayan pencapaiannya, dengan masing-masing telah terjual sebanyak 420 ribu unit dan 243 ribu unit.

(yud/fyk)