Jumat, 21 Apr 2017 16:14 WIB

Grand Final Indonesia Game Championship Resmi Dibuka

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan
Jakarta - Setelah melalui babak kualifikasi yang digelar di beberapa kota, event Indonesia Game Championship akhirnya memasuki babak grand final. Bertempat di Balai Kartini, Jakarta, event yang diselenggarakan operator seluler Telkomsel ini diramaikan oleh puluhan gamer profesional Tanah Air.


Sebelumnya, pertandingan babak kualifikasi nasional telah diadakan di Medan, Bandung, Surabaya, Malang dan Makassar. Telkomsel mengklaim bila event turnamen game-nya ini diikuti oleh total lebih dari 1.200 tim atau sekitar 4.000 gamer profesional Indonesia

"Indonesia Game Championship 2017 ini dimulai dari kerinduan Telkomsel untuk membangun digital Indonesia. Di Telkomsel sendiri, bisnis digital kami termasuk di dalamnya video, musik, dan game," kata Trio Yamad G. Lumbantoruan General Manager Games & Apps Telkomsel.

"Nah, ajang ini memberi kesempatan untuk gamer yang selama ini punya konotasi negatif, untuk membuktikan kemampuannya," ucapnya di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Tak cuma mengundang gamer, Telkomsel turut mengajak developer game lokal. Tujuannya, seperti yang diutarakan oleh Trio, tak lain sebagai bentuk dorongan agar developer game lokal ini bisa membangun game yang menarik di kemudian harinya.

"Jadi, dengan ajang ini ke depannya kami berharap apabila nantinya kita tidak hanya bergantung pada game luar, tapi juga bisa mengandalkan game dari dalam negeri," ucap Trio.

Untuk memberikan stimulus kepada gamer, Telkomel menyediakan total hadiah senilai Rp 500 juta. Menurut Trio, total hadiah ini memang tidak seberapa bila dibandingkan dengan penyelenggaraan kelas internasional. Meski demikian, bagi turnamen kelas nasional, hadiah ini terbilang besar.

Ada dua kategori game yang dipertandingkan di Indonesia Game Championship, yakni PC Game dan Mobile Games. Untuk kategori PC Game, jenis game yang dikompetisikan adalah DotA 2, Point Blank, dan World of Tank.

Sementara jenis game yang dikompetisikan pada kategori Mobile Games adalah Vain Glory, Clash Royale, Crisis Action, LINE Let's Get Rich dan Mobile Legends Bang Bang.

Nah, karena acara ini diadakan bertepatan dengan Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, maka Telkomsel sekaligus merayakan partisipasi perempuan pada industri game. Caranya adalah dengan memberikan kesempatan untuk gamer perempuan Point Blank, yakni Female Fighters dan Beleza untuk unjuk gigi kehebatan mereka.

Terakhir adalah lenggak-lenggok cosplayer yang juga dihadirkan untuk meramaikan acara Indonesia Game Championship. Para peserta cosplay akan dinilai oleh dewan juri. (mag/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed