Rabu, 19 Apr 2017 08:35 WIB

Habis Nyoblos, Enaknya Lanjut Main Game #PilkadaDKI Ini

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Sambil menunggu pengumuman siapa yang akan terpilih jadi Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru, mumpung hari ini lagi libur, enakan kita santai dulu sambil main game-game berikut ini. Lumayan buat seru-seruan.


Dari pantauan detikINET di toko aplikasi Google Play Store, Rabu (19/4/2017), setidaknya ada tiga game bertema Pilkada dua paslon DKI Jakarta, yakni Jakarta Memilih 2017, Go Pilkada Go, dan Balap Karung DKI1. Ketiga game ini dikembangkan oleh developer lokal dan bisa diunduh secara gratis.

Untuk game pertama yang akan kita bahas adalah Jakarta Memilih 2017. Game buatan portal berita Detikcom ini sebenarnya sudah beredar sejak putaran pertama Pilkada DKI Jakarta bulan Februari 2017 lalu.

Karenanya jangan heran apabila Anda akan menemukan tiga paslon, yang terdiri dari Agus Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, atau Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Nah, di dalam game ini Anda bisa memilih memainkan karakter-karakter tadi.

Game Jakarta Memilih 2017 pada intinya menyajkan masalah-masalah yang ada di Jakarta. Masalah-masalah ini kemudian dikemas menjadi mode permainan yang menarik.

Total ada dua mode permainan yang ada di game Jakarta Memilih 2017, antara lain Bersih Sungai dan Wisata Jakarta.

Untuk game Bersih Sungai, Anda ditugaskan untuk mengumpulkan sampah yang berserakan di sungai di Jakarta dengan menaiki kapal. Sedangkan Wisata Jakarta, Anda punya misi untuk mengajak warga mengunjungi tempat wisata.
<i>Yuk</i> Main Tiga Game Pilkada DKI Ini Foto: istimewa

Go Pilkada Go

Sama halnya dengan game Jakarta Memilih 2017. Game Go Pilkada Go juga diciptakan sejak putaran pertama. Karenanya, Anda bisa memilih tiga paslon untuk memainkan game ini.

Secara gameplay, game ini menyuguhkan gameplay yang simple, yakni endless run. Akan ada dua baris jalan yang masing-masing diisi oleh paslon. Semisal Anda memilih paslon nomor dua, maka karakter yang dimainkan adalah Ahok dan Djarot. Begitupula dengan yang lainnya.

Tugas Anda hanyalah lari sejauh-jauhnya. Sembari lari, Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam rintangan, seperti lubang dan portal. Untuk menghindar Anda hanya perlu men-tap layar di masing-masing jalur.

Semakin jauh, semakin cepat laju karakter dalam berlari. Karenanya, diperlukan ketangkasan untuk men-tap karakter dengan timing yang juga pas.

Balap Karung DKI1

Sesuai judulnya, game ini menyodorkan aksi permainan tradisional balap karung. Hanya saja, karakter yang bisa dimainkan tak lain adalah tiga calon gubernur DKI Jakarta, yakni Agus Yudhoyono, Basuki Tjahja Purnama, dan Anies Baswedan.

Cara memainkannya cukup sederhana, ketika permainan dimulai Anda harus menekan tombol jump di bawah sebelah kanan. Pencetan tombol jump harus sesuai dengan baru power.

Semakin tinggi bar power terisi, maka semakin ke depan lompatan karakter Anda. Tidak seperti dua game tadi yang mengedepankan unsur endless run, Anda bisa menjumpai garis finish.

Hanya saja, ketika menjajal game ini kami menemui sedikit kejanggalan. Tak peduli seberapa pas Anda menekan tombol jump, karakter yang Anda mainkan sepertinya tidak akan bisa menyusul musuh.

Opini detikINET

Ketiga game yang disebut di atas tak ayal hanya sebagai aji mumpung menyambut momen Pilkada DKI Jakarta. Jadi, jangan harap akan punya gameplay yang sama dengan game mumpuni di deretan top teratas Google Play Store.

Meski begitu, game ini cukup asyik dimainkan, terlebih untuk menunggu hasil pemilihan yang dihimpun dari berbagai daerah di Jakarta. Selamat mencoba! (mag/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed