BERITA TERBARU
Sabtu, 15 Apr 2017 09:08 WIB

Mengenal Pencipta Game Solitaire

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Siapa yang tak kenal Solitaire, game yang sudah disertakan oleh Microsoft ke Windows sejah tahun 1990. Namun siapa yang menyangka kalau game ini dibuat oleh seorang anak magang di waktu senggangnya.

Namanya Wes Cherry, yang magang di Microsoft pada 1988. Menurutnya magang di Microsoft sebenarnya sangat menarik dan pekerjaannya mencakup banyak hal.

Namun tetap saja Cherry mengaku mempunyai waktu senggang, yang kemudian memberinya kesempatan untuk menggarap idenya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (15/4/2017).

"Aku kemudian mempunyai ide untuk membuat Solitaire untuk Windows, yang idenya hadir saat merasa bosan. Ditambah lagi saat itu tak banyak game yang beredar, jadi kami harus membuatnya,l ujar Cherry.

Ide Cherry ini kemudian mendapat restu dari Bill Gates, bos besar Microsoft. Namun Gates sebenarnya sempat memprotes Solitaire karena game ini sangat sulit untuk dimenangkan.

Dan sejak itulah Solitaire menjadi komponen inti dari setiap sistem operasi yang dirilis oleh Microsoft, yang diawali di Windows 3.0. Secara resmi Microsoft menyebut Solitaire dibuat untuk mengajari orang untuk menggunakan mouse.

Meski gamenya dibundling di setiap OS Windows yang ada di pasaran, Cherry mengaku tak mendapat bayaran satu sen pun dari hasil kerjanya itu. Bahkan kini ia pun sudah hijrah dari bekerja di bidang komputer, dan memilih untuk mengurus pengolahan cuka. (asj/mag)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed