BERITA TERBARU
Rabu, 12 Apr 2017 15:15 WIB

Serba-serbi Tamagotchi, Mainan Canggih Era 90-an

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Produsen hiburan raksasa asal Jepang, Bandai Namco baru saja mengumumkan akan merilis kembali Tamagotchi versi klasik. Bagi mereka yang tumbuh di era tahun 1990-an hingga 2000-an, pasti mendengar nama Tamagotchi sudah tidak asing lagi. Namun, tahukah Anda bagaimana asal-usul dari Tamagotchi?

Tamagotchi dirilis pertama kali di bulan November 1996 di Jepang dan kemudian dirilis secara global di tahun 1997 dari tangan dingin Akihiro Yokoi dan Aki Maita. Nama Tamagotchi ini diambil dari gabungan dua kata yang berbeda bahasa, yakni tamago (γŸγΎγ”) yang dalam bahasa Jepang berarti telur dan watch yang dalam bahasa Inggris memiliki arti jam tangan.

Ide pembuatan Tamagotchi sendiri tercetus dari pengalaman masa kecil Yokoi. Yokoi kecil sering membawa binatang peliharaannya, yakni kura-kura dan menyimpannya di dalam koper ketika ia bepergian. Apa yang dilakukan oleh Yokoi ini tentu merepotkan. Belum lagi bila ada larangan untuk membawa binatang peliharaan ke dalam kendaraan atau gedung.

Dari pengalaman inilah, Yokoi kemudian memiliki ide bagaimana menciptakan binatang peliharaan tapi virtual. Ide cerdas Yokoi ini nyatanya mendapat sambutan antusias dari Maita, di mana menurutnya orang-orang sepertinya menyukai baik binatang peliharaan maupun gadget personal.

Tamagotchi sendiri memberi tiga dampak dan disebut bersinggungan dengan budaya Jepang. Pertama, Tamagotchi memberikan kesempatan bagi perkembangan psikologis anak, termasuk di dalamnya bagaimana memberikan pendidikan modern dengan persahabatan antara anak-anak dengan robot.

Foto: istimewa

Tak cuma itu, Tamagotchi pada praktiknya turut mengajarkan anak-anak kedisiplinan dan tanggung jawab. Hal ini karena hewan virtual yang ada di dalam Tamagotchi menuntut perawatan bak hewan peliharaan pada umumnya. Anda harus terbangun di pagi hari untuk membersihkan kotoran, memberikan makan, dan lain-lain.

Sejak dirilis di tahun 1996 silam, Tamagotchi sudah terjual hingga puluhan juta unit. Dari kutipan di Wikipedia, disebut per tahun 2010 Tamagotchi sudah terjual sekitar 76 juta unit.

Bentuknya pun mengalami berbagai perubahan, dari yang tadinya hanya berbentuk telur dengan ukuran sebesar gantungan kunci, hingga menjadi berbagai macam bentuk dan layar yang tak lagi monochrome alias warna-warni. Fitur-fitur di dalamnya juga semakin canggih dengan interaksi berbagai macam layanan.

Karena menuai popularitas yang besar di kalangan anak-anak, Bandai Namco pun berinisiatif untuk menuang Tamagotchi ke media lain, salah satunya adalah ke dalam video game. Sejak saat itu, video game Tamagotchi ini sudah beberapa kali tercipta di sejumlah platform, mulai dari Game Boy, PlayStation, hingga Nintendo DS dan 3DS. (mag/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed