Selasa, 29 Nov 2016 12:55 WIB

Bekraf Game Prime 2016

Game Lokal Mau Sukses? Ini Saran Kepala Bekraf

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan
Jakarta - Bekraf Game Prime 2016 resmi dibuka. Bertempat di Balai Kartini, Jakarta, gelaran kali ini merupakan puncak dari Bekraf Game Prime yang sebelumnya pada Oktober lalu diadakan di Surabaya.

Dalam pembukaan, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf berbicara mengenai masa depan game di Indonesia. Menurutnya, apabila industri game di Indonesia ingin bergerak gesit, harus ada pembenahan dari sisi konten.

Sisi konten yang dimaksud oleh Triawan adalah pembuatan game dengan story telling alias alur cerita yang kuat.

"Kita harus dorong story telling sebagai modal yang kuat untuk bisa bersaing dengan game-game buatan negara luar. Game-game luar diminati karena mereka bisa menjual story telling yang bagus," ujarnya dalam pembukaan di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Selain story telling yang kuat, lanjut Triawan, developer game lokal ini juga harus memasukan kearifan lokal di dalamnya. Seperti diketahui, banyak dari developer game luar yang kerap membawa atau menyelipkan budaya negaranya ketika membuat game.

Dengan demikian, game yang diciptakan bisa turut serta memperkenalkan budaya Indonesia itu sendiri. "Tak sekadar permainan game, tapi juga berperan sebagai permainan yang sarat dengan nilai cerita dan budaya," ujarnya kemudian.

Berlangsung selama dua hari, yakni dari tanggal 29 sampai 30 November 2016, Bekraf Game Prime 2016 merupakan kelanjutan dari ajang Game Developer Gathering (GDG) yang setiap tahunnya diadakan. Hanya saja, karena kini sudah diolah oleh Bekraf, maka event ini berganti nama.

Akan ada ratusan developer game Indonesia yang memamerkan karya mereka, dan tentu saja pengunjung bisa mencicipinya. Game-nya pun dari berbagai platform, mulai dari mobile, PC hingga VR.

Tak hanya itu Bekraf Game Prime 2016 bisa jadi ajang menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. Ada sesi sharing yang menghadirkan para veteran industri game dan juga workshop untuk mengasah skill. Bisa pula bertemu dengan kreator Tahu Bulat, DreadOut, Teka Teki Saku atau Fallen Legion.

Meski bertajuk event industri game, Bekraf Game Prime 2016 tak hanya khsus ditujukan untuk pelaku industri game saja. Masyarakat umum pun bebas untuk mengunjungi acara ini, untuk sekadar tahu bagaimana perkembangan industri game lokal. (mag/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed