BERITA TERBARU
Minggu, 13 Nov 2016 16:35 WIB

5 Game Seru PS3 yang Bisa Dimainkan Ulang di PS4

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Tanggal 13 November 2016 yang jatuh pada hari ini menandakan 10 tahun sejak PlayStation 3 dirilis pertama kali di Jepang. Walau pada saat peluncurannya Sony membanderol PlayStation 3 dengan harga yang tinggi, hingga saat ini tercatat sudah ada sekitar 80 juta gamer PlayStation 3.

Sedari awal diluncurkan, PlayStation 3 telah banyak melahirkan bermacam game menarik dan berkesan di hati gamernya. Menariknya, meski kini sudah lahir generasi penerus, yakni PlayStation 4, Sony seolah tetap ingin game-game PlayStation 3 dirilis ulang di konsol next-gen miliknya itu.

Di samping hadir melalui layanan PlayStation Now, beberapa developer ada yang mendapat titah untuk merapihkannya kembali (remastered) dengan grafis yang disesuaikan dengan PlayStation 4. Lalu apa saja game-game yang PlayStation 3 yang menurut kami menarik untuk dimainkan kembali? Berikut rangkumannya!


1. The Last of Us

Foto: istimewa

Dirilis menjelang PlayStation 4 lahir, The Last of Us sukses menjadi game terbaik sepanjang masa. Selain memiliki gameplay dan alur cerita yang menarik, grafis The Last of Us di PlayStation 3 mendapat tepuk tangan dari gamer yang memainkannya.

Pasalnya, kalau boleh dibandingkan, grafis The Last of Us kala itu sangat ciamik. Bahkan, mendekati mirip dengan grafis game konsol next-gen. Karenanya, dengan animo yang tinggi, Sony sepakat untuk menggarapnya kembali dengan judul The Last of Us Remastered.

Selain karena animo yang tinggi, versi remastered dari game eksklusif PlayStation ini juga dimaksudkan untuk merengkuh pangsa pasar gamer yang lebih luas, khususnya gamer PlayStation 4 yang mungkin dulunya tidak punya PlayStation 3.


2. Uncharted Series

Foto: istimewa

Setali tiga uang dengan The Last of Us, game besutan developer yang sama, Naughty Dog ini juga menjadi primadonanya gamer PlayStation. Nah, di akhir tahun 2015 lalu Sony merangkum tiga seri Uncharted menjadi satu koleksi yang diberi judul Uncharted: The Nathan Drake Collection.

Bila diperhatikan, serial game Uncharted ini mirip kisah serial film Indiana Jones. Game menyajikan aksi petualangan seorang pria bernama Nathan Drake dalam menjelajah belahan dunia dalam mencari harta karun yang tersembunyi.

Walau di seri pertama dan kedua, polesan grafis tak sebagi seri ketiga dan apalagi seri keempat (PlayStation 4), kami sangat merekomendasikan Uncharted sebagai game PlayStation 3 yang patut dimainkan kembali.


3. Heavy Rain

Foto: istimewa

Game narrative-centric berkembang dari tahun ke tahun. Begitupula dengan game Heavy Rain. Dirilis pertama kali untuk platform PlayStation 3 tahun 2010 silam, developer Quantic Dream sepertinya belum puas bila Heavy Rain tak muncul di PlayStation 4.

Selain mengedepankan grafis, alur cerita dengan multiple ending juga jadi nilai jual utama dalam game ini. Anda akan bermain sebagai Ethan Mars yang terlibat dengan kasus pembunuhan Origami Killer.

Bagi Anda yang berminat memainkannya kembali, Heavy Rain dikemas bersamaan dengan game Beyond: Two Souls yang juga dibuat dalam bentuk bundle.


4. Batman: Arkham Asylum

Foto: istimewa

PlayStation 4 nyatanya juga menjadi platform yang melanjutkan serial Batman Arkham, dengan judul Batman: Arkham Knight. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui awal mula serial ini, tak ada salahnya bila memainkan kembali seri pertama bertajuk Batman: Arkham Asylum.

Batman: Arkham Asylum menjadi satu dari beberapa seri Batman Arkham yang dibundle melalui kemasan Return to Arkham. Di paket bundling ini Anda bisa memainkan game Caped Crushader ini lengkap dengan peningkatan grafis dari versi originalnya.


5. Grand Theft Auto V

Foto: istimewa

Walau sudah tiga tahun beredar, Grand Theft Auto (GTA) V masih tetap menjadi game pilihan dan favorit gamer konsol dan PC. Sama halnya dengan The Last of Us, GTA V dirilis menjelang peluncuran PlayStation 4.

Seperti halnya game remastered pada umumnya, GTA V versi PlayStation 4 memiliki peningkatan di sektor grafis. Tak hanya itu, Rockstar selaku pengembang memunculkan fitur baru berupa sudut pandang orang pertama (first-person).

Dengan begitu, Anda bisa berjalan-jalan dan beraksi di kota Los Santos dengan sudut pandang bak game tembak-tembakan Battlefield 1 atau Call of Duty. Saat ini Rockstar sendiri masih terus memberikan update untuk Grand Theft Auto Online. Belum ada kabar kapan Grand Theft Auto VI akan dibuat. (mag/mag)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Hasrat Telkomsel Gelar 5G di 2021

    Hasrat Telkomsel Gelar 5G di 2021

    Senin, 29 Mei 2017 17:40 WIB
    Telkomsel berhasrat untuk menggelar layanan 5G di Indonesia, dalam waktu yang tidak jauh dengan implementasi di ranah global.
  • photo Menjajal Kecepatan 5G Telkomsel FotoINET

    Menjajal Kecepatan 5G Telkomsel

    Senin, 29 Mei 2017 17:21 WIB
    Telkomsel bersama dengan Huawei melakukan live demo pertama di Indonesia untuk teknologi 5G yang mampu menghasilkan kecepatan 70 Gbps. Wow!
  • Demo 5G Telkomsel Tembus 70 Gbps

    Demo 5G Telkomsel Tembus 70 Gbps

    Senin, 29 Mei 2017 17:14 WIB
    Telkomsel melakukan live demo teknologi 5G pertama di Indonesia. Hasilnya, live demo yang dilakukan bersama Huawei ini tembus 70 Gbps.
  • Sambut Ramadan, Google Hadirkan Fitur Anyar

    Sambut Ramadan, Google Hadirkan Fitur Anyar

    Senin, 29 Mei 2017 16:48 WIB
    Memasuki bulan Ramadan 2017, Google merilis fitur barunya di Indonesia. Fitur-fitur tersebut dijanjikan dapat menjadi teman ibadah puasa lewat ponsel pengguna.
  • Pernikahan Sederhana Para Bos Teknologi

    Pernikahan Sederhana Para Bos Teknologi

    Senin, 29 Mei 2017 16:03 WIB
    Selain CEO Snap Evan Spiegel, sejumlah bos teknologi lainnya memilih menggelar pesta pernikahan sederhana, meski mereka dari kalangan berduit.