Senin, 10 Okt 2016 14:46 WIB

'Dimas Kanjeng' Coba Menggandakan Uang dari Game

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: detikINET/M. Alif Goenawan Foto: detikINET/M. Alif Goenawan
Jakarta - Kasus yang menimpa Dimas Kanjeng Taat Pribadi mencuri perhatian publik, termasuk developer game lokal. Seolah tak ingin ketinggalan momen, mereka berinisiatif membuat game yang menggambarkan sosok kontroversial tersebut.

Guru sebuah padepokan di Jawa Timur ini namanya mendadak mencuat setelah dijadikan tersangka atas pembunuhan santrinya sendiri. Selain ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan, Dimas Kanjeng juga diklaim sakti lantaran bisa menggandakan uang.

Dalam berbagai kesempatan atau di video berdurasi singkat di media sosial, Dimas Kanjeng memamerkan keahliannya yang bisa menggandakan uang. Keahlian inilah yang akhirnya membuat sejumlah developer ingin mengabadikannya menjadi sebuah game.

Dari pantauan detikINET, setidaknya ada delapan aplikasi/game yang beredar di Google Play Store. Semuanya ini bisa Anda unduh secara gratis tanpa dikenakan biaya. Namun game Dimas Kanjeng ini tetap berusaha untuk menggandakan uang dari iklan yang ditempeli.

Meski bisa dikatakan hanya aji mumpung, tak sedikit dari developer game Dimas Kanjeng ini yang niat menggarap gamenya. Seperti misalnya game bertajuk, Dimas Kanjeng Run, di mana sang developer menggunakan engine Unity, sehingga grafis tampak halus dibanding game Dimas Kanjeng lainnya.

'Dimas Kanjeng' Pun Coba Menggandakan Uang dari Game'Dimas Kanjeng' Pun Coba Menggandakan Uang dari Game


Kebanyakan game Dimas Kanjeng ini mengarah pada tudingan penggandaan uang. Maka jangan heran, jika antara game yang satu dengan yang lain memiliki konsep yang mirip.

Di Dimas Kanjeng Run misalnya, Anda bertugas mengendalikan sosok Dimas Kanjeng yang berlari-lari dari satu stage ke stage lain hanya untuk mencari uang.

'Dimas Kanjeng' Pun Coba Menggandakan Uang dari Game'Dimas Kanjeng' Pun Coba Menggandakan Uang dari Game


Beberapa game lainnya pun demikian, seperti Dimas Kanjeng Gandakan Uang, Dimas Kanjeng Mengejar Rupiah, dan Petualangan Dimas Kanjeng. Sisanya hanya game tidak jelas dengan konsep hampir sama.

Dari pengalaman detikINET menjajal sejumlah game Dimas Kanjeng, bisa dipastikan bahwa semua ini hanya aji mumpung. Rata-rata game memiliki gameplay yang begitu-begitu saja. Belum lagi jika grafis dan masih banyaknya bug (lubang) di sana-sini.

'Dimas Kanjeng' Pun Coba Menggandakan Uang dari Game'Dimas Kanjeng' Pun Coba Menggandakan Uang dari Game
(mag/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed