Senin, 05 Sep 2016 13:26 WIB

Nintendo NX bakal Pakai Cartridge?

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Penggunaan game berbasis cartridge sudah digantikan oleh CD, DVD, hingga Blu ray sejak lama. Meski begitu, Nintendo dikabarkan tetap ingin menggunakan cartridge sebagai basis game di konsol NX.

Ini bukan yang pertama kali Nintendo dikabarkan menggunakan cartridge untuk NX. Namun, melalui laporan terbaru, The Wall Street Journal seolah mempertegas bahwa produsen game raksasa Jepang itu disebut lebih memilih menggunakan cartridge ketimbang Blu ray untuk konsol NX.

"Orang akan familiar dengan hal itu," demikian kata sumber internal di perusahaan dikutip detikINET dari Gamespot, Senin (5/9/2016). Banyak yang menyimpulkan bahwa 'hal itu' tak lain adalah cartridge.

Perlu juga diingat bahwa penggunaan cartrdige di Nintendo sendiri masih diterapkan pada perangkat handheld terkininya, 3DS. Jadi, besar kemungkinan cartridge masih akan tetap dipakai di konsol misteriusnya itu.

Meski menarik, penggunaan cartridge sayangnya tidak seefisien Blu-ray yang sekarang dipakai oleh PlayStation 4 dan Xbox One. Hal ini terlihat dari ukuran kapasitas cartridge yang kurang memadai.

Sebagai contoh, satu disk PlayStation 4 mampu menampung data hingga 50 GB. Maka, cartridge memiliki kapasitas jaug di bawah apa yang ditawarkan oleh Blu-ray. (mag/fyk)