Jumat, 12 Agu 2016 16:48 WIB

Paten Nintendo NX Kembali Terkuak

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Pertengahan Juli 2016 lalu muncul kabar Nintendo NX memiliki desain portable dengan kontroler yang bisa dilepas pasang (detachable). Selang beberapa bulan, muncul paten yang diduga merupakan kontroler NX.

Kehadiran paten ini pertama kali disadari oleh pengunjung situs NeoGAF, dimana paten tersebut tertulis sudah dibuat sejak Januari 2016. Paten dideskripsikan sebagai aksesori yang bisa dipasang di luar dari 'perangkat pengolah informasi'.

Dan mengacu dari ilustrasi perusahaan, kontroler tersebut dipasang di bagian samping dari perangkat portable (NX). Dikutip detikINET dari IGN, Jumat (12/8/2016), di samping menggunakan sinyal elektrik, kontroler ini mengirimkan informasi ke perangkat dengan menggunakan kamera infra merah yang nantinya bisa membaca pergerakan tombol.

Perangkat yang diduga kontroler NX ini sendiri digambarkan memiliki empat tombol. Sedangkan untuk perangkat yang memiliki bentuk menyerupai tablet ini punya dua tombol di bagian atas dan tombol putar yang diletakkan kiri dan kanan.

Pun begitu, perlu dicatat bahwa ini masih sebatas paten. Yang mana belum tentu dipakai oleh Nintendo dan bisa saja hanya menjadi inventasi di masa depan.

Gambar paten diduga NX yang memiliki bentuk portable mirip tablet dengan kontroler lepas pasang.


Dan ini bukan kali pertama muncul kabar mengenai paten Nintendo NX. Sebelum-sebelumnya sudah banyak penampakkan paten yang diduga milik Nintendo NX.

Namun bila menyambungkannya dengan berbagai rumor yang marak muncul belakangan. Bukan hal mustahil bila NX memang merupakan konsol portable yang oleh Nintendo diciptakan untuk mudah dibawa ke mana saja dan dimainkan tak hanya terpaku pada layar televisi, seperti gambar paten di atas. (mag/ash)