53 Ribu Kopi Minecraft Terjual Setiap Hari

53 Ribu Kopi Minecraft Terjual Setiap Hari

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 03 Jun 2016 11:37 WIB
Jakarta - Penjualan Minecraft membuat Mojang sebagai publishernya semringah. Game bergenre sandbox ini sudah tembus lebih dari 100 juta terjual.

Seperti dilansir TechSpot, Jumat (3/6/2016), ini adalah pencapaian signifikan bagi sebuah game yang awalnya hanya sebagai proyek sampingan si pembuatnya.

Director of Creative Communications Mojang Owen Hill mengungkapkan, sejak awal 2016, game yang memulai debutnya lima tahun lalu ini rata-rata terjual sekitar 53 ribu dalam sehari.

Mojang melalui blognya juga menyertakan infografis yang menunjukkan bahwa komunitas Minecraft kini terdiri dari berbagai kalangan, dari berbagai negara, bahkan termasuk Antartika di mana ada empat kopi yang terjual.

"Setiap bulan, lebih dari 40 juta orang menghabiskan waktu bermain Minecraft dan berdasarkan pengamatan kami dalam perkembangan akhir-akhir ini, tidak ada indikasi yang bisa membuat penjualan akan merosot dalam waktu dekat," tulis Mojang.



Minecraft saat ini dimiliki Microsoft setelah raksasa software tersebut mengakuisisinya senilai USD 2,5 miliar pada 2014. Game ini populer di PC maupun konsol dan menarik bagi gamer Xbox.

Daya tarik ini sepertinya cukup membuat Microsoft mempertimbangkan untuk mengakuisisi developer di balik game tersebut. Kabar Mojang akan diakuisisi Microsft sebenarnya cukup mengejutkan.

Pasalnya, pendiri Mojang, Markus 'Notch' Persson dikenal sebagai developer indie yang cukup idealis dan cenderung mengabaikan pengaruh luar.

Persson bahkan pernah secara terbuka mengumumkan akan membatalkan Minecraft untuk Oculus Rift, setelah dia mengetahui bahwa Facebook akan mengakuisisi baik perusahaan maupun teknologi Oculus.

Sejumlah pendapat menyebutkan, salah satu alasan Microsoft merasa perlu membeli Minecraft antara lain karena kesepakatan ini akan menjadi jalan bagi mereka memuluskan ambisi di segmen mobile.

Masuknya Minecraft, bisa menjadi senjata Microsoft untuk mendorong developer lain agar tertarik menaruh aplikasinya untuk Windows Phone.


(rns/fyk)