Kamis, 07 Apr 2016 12:00 WIB

Alasan Google Gencar Dekati Gamer Lewat YouTube

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET
Jakarta - Tentu bukan tanpa alasan ketika Google memutuskan untuk membuat channel khusus bagi para gamer di YouTube. Salah satunya ternyata, gara-gara video tentang game sering kali lebih populer ketimbang video musik.

"Contohnya, videonya Pew Die Pie yang lagi asyik main game malah lebih populer ketimbang video musiknya Beyonce," kata Head of Communication Google Indonesia Putri Silalahi, saat ditemui detikINET di kantor Google Indonesia, Sentral Senayan II, Jakarta.

Tak bisa dipungkiri oleh Google, para gamer telah menjadi komunitas yang besar di YouTube. Bahkan, ada ratusan juta gamer yang menonton konten gaming melalui YouTube setiap bulannya.

Hal itulah yang membuat Google terdorong untuk mengakomodirnya lewat channel YouTube Gaming. Setelah hadir di sejumlah negara pada pertengahan 2015 lalu, layanan ini akhirnya resmi dibuka di Indonesia.

"Trafik kami di YouTube sangat terbantu oleh para gamer. Tahun ini, waktu yang mereka habiskan menonton video gaming di YouTube meningkat 60% dibanding tahun lalu," jelas Putri.

Namun sayangnya, ia mengaku tak bisa merinci spesifik trafik dari para gamer di Indonesia. "Yang jelas Indonesia adalah salah satu negara paling potensial untuk industri game. Itu sebabnya, YouTube Gaming hadir di sini," paparnya diplomatis.

YouTube Gaming sendiri sejatinya mirip dengan YouTube biasanya yang sering kita akses. Keduanya sama-sama merupakan platform video streaming untuk memenuhi kebutuhan visual pengguna.

Hanya saja, YouTube Gaming cuma spesifik menyediakan video yang berhubungan dengan game. Jika pengguna mencoba mengunggah video yang tak berkaitan dengan game ke YouTube Gaming, layanan tersebut akan otomatis menolak.

"Jadinya lebih terorganisir. Kalau kita ketik kata 'Call', di YouTube umum bisa saja yang keluar lagu 'Call Me Maybe'. Tapi kalau di YouTube Gaming nantinya spesifik keluar Call of Duty, misalnya. Jadi yang keluar pasti langsung game yang dicari," papar Putri.

Yang paling menarik lagi, pengguna juga bisa mengunggah video sedang bermain game secara real-time. Cukup pilih game yang hendak dimainkan di YouTube Gaming, tekan opsi live, dan pilih media sosial untuk membagi tautan live tersebut.

YouTube Gaming sendiri menyediakan lebih dari 25.000 game yang bisa dimainkan langsung dari platform tersebut dan diunggah live. Namun, kemampuan ini hanya tersedia untuk aplikasi mobile versi Android.

Saat dalam mode live, wajah pengguna akan otomatis muncul dalam sebuah lingkaran kecil pada laman game, dengan memanfaatkan tangkapan kamera depan smartphone Android.

Pengguna juga bisa mendapat respons langsung dari netizen yang menyaksikan aksinya melalui kolom live chatting. Mekanismenya kurang lebih sama dengan layanan live-streaming di Periscope. Dengan ini, sosialisasi antara sesama pecinta game bisa lebih optimal.

Para pecinta game di Tanah Air per hari ini, Kamis (7/4/2016), sudah bisa mengakses YouTube Gaming dengan cara mengunduh aplikasinya di Google Play Store dan Apple App Store. Sementara pengguna PC bisa mengakses layanan ini lewat situs gaming.youtube.com.

Selain di Indonesia, negara Asia lain yang sudah bisa menikmati layanan ini antara lain Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Hong Kong, dan Taiwan.

(rou/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed