googletag.defineOutOfPageSlot('/4905536/detik_desktop/inet/pop_ups', 'div-gpt-ad-1540563574169-0').addService(googletag.pubads());
Rabu, 11 Mar 2015 12:00 WIB

Lulung Beraksi di Android

- detikInet
Jakarta - Perseteruan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana atau yang biasa dipanggil Haji Lulung masih terus memanas. Seolah tak ingin ketinggalan, developer game lokal pun ikut meramaikan momen ini dengan merilis game bertema sama.

Ya, sejak perseteruannya dengan Ahok, nama politisi asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu terus menjadi sorotan publik.

Setelah tenar di media sosial dengan hashtag #savehajilulung dan sejumlah meme sindiran yang beredar di dunia maya, anggota DPRD itu menjadi tokoh utama dalam game mobile.

Adalah game 'Lulung Mengejar Dana', sebuah game arcade side-scrolling yang dapat diunduh secara gratis bagi pengguna Android melalui Google Play Store. Meski masih baru diluncurkan, sejak 9 Maret 2015 kemarin, namun game besutan Widyana Developer ini cukup menyorot perhatian.

Game Lulung Mengejar Dana memiliki tampilan sederhana khas game-game lokal pada umumnya. Di sini gamer mengendalikan sang karakter utama, yakni Lulung itu sendiri. Eits, bukan Lulung asli lho. Karakter Lulung yang dipakai dalam game ini tak lain merupakan karakter Mail dalam serial animasi Upin & Ipin.

Entah sang developer sudah mengantongi ijin atau belum. Yang jelas dalam pengamatan detikINET ketika memainkan game ini, terdapat cap hak cipta pada wajah karakter Mail. Ya, karakter Mail ini sendiri kerap dimiripkan dengan Lulung di setiap meme yang beredar di media sosial. Tak heran jika pada akhirnya, Mail lah yang dipakai sebagai karakter utama game Lulung Mencari Dana.

Gameplay-nya pun mengusung gameplay yang mirip dengan game side-scrolling pada umunya, dimana gamer akan lari dari kiri ke kanan dan sebaliknya untuk mengumpulkan poin yang berbentuk apel.



Selain berlari dan mengumpulkan poin tentu gamer harus menghindari berbagai rintangan. Jika terkena sedikit saja, maka permainan harus berakhir.

Game ini terbagi ke dalam beberapa tingkat pilihan kesulitan, yakni Beginning, Evolution, dan Experience. Meski setiap stage terbilang memiliki durasi permainan yang singkat, namun sang developer menyediakan sedikitnya 105 stage yang dapat dimainkan oleh gamer.



Game Lulung Mencari Dana ini hanya satu di antara beberapa game bertemakan sama di Google Play Store. Terlepas dari bagus atau tidak, yang jelas game-game tersebut dirilis dengan memanfaatkan momentum yang lagi hot di publik.

(ash/ash)


Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed