Orang Ini Pembenci Nomor Satu Grand Theft Auto

Orang Ini Pembenci Nomor Satu Grand Theft Auto

- detikInet
Jumat, 05 Des 2014 10:03 WIB
Jack (kotaku)
Jakarta - Banyak orang cemas game Grand Theft Auto berpengaruh buruk pada pemainnya, terutama mereka yang masih berusia muda. Salah satunya lelaki ini yang disebut-sebut sebagai pembenci nomor satu game yang dipublikasikan Take Two Interactive itu.

Namanya adalah Jack Thompson, pengacara yang kabarnya cukup kondang di Amerika Serikat. Dia dikenal sebagai aktivis anti game kekerasan. GTA pun kerap menjadi sasaran kritik pedasnya.

Thompson terkenal paling vokal menyuarakan unsur negatif di GTA dan game sejenis lainnya. Ia pernah mewakili keluarga dua polisi Alabama yang tewas ditembak seorang remaja yang kabarnya gemar memainkan game serial GTA.

Thompson pernah berpendapat pemberian label kategori umur pada game seperti GTA tidak efektif. Meskipun game dilabeli untuk konsumsi dewasa, ternyata masih banyak anak di bawah umur memainkannya.

Saat seri Grand Theft Auto: San Andreas keluar, ia bersuara lantang. "Game itu penuh adegan tembak tembakan, dan tidak baik dikonsumsi anak," kata dia.

Malah dia juga menjuluki GTA III sebagai simulasi pembunuhan. Thompson memang banyak menghubungkan permainan GTA memiliki pengaruh dengan pembunuhan di dunia nyata meskipun belum pernah terbukti di pengadilan.

Sampai sekarang, Thompson masih gencar menentang eksistensi GTA. "Pembuat game ini melatih orang bagaimana untuk membunuh dan jadi ingin membunuh," demikian keyakinannya.

Di sisi lain, Thompson sendiri juga sering bertingkah kontroversial di bidang hukum. Hingga ia dicekal secara permanent di pengadilan Florida karena berbagai masalah, misalnya membuat pernyataan palsu.



(fyk/ash)