Selamatkan Komodo Lewat Game Besutan Mahasiswa UGM

Selamatkan Komodo Lewat Game Besutan Mahasiswa UGM

- detikInet
Rabu, 17 Okt 2012 12:35 WIB
Save Komo (creacle)
Jakarta - Game buatan mahasiswa jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika UGM yang berjudul 'Save Komo' menyabet penghargaan pada Indonesia Game Show 2012.

Para mahasiswa UGM yang tergabung dalam Creacle Game Studio dan terlibat dalam kompetisi itu adalah Gathot Fajar (Ilmu Komputer 2008), Firdaus Ismail (Ilmu Komputer 2008), Irkham Huda (Ilmu Komputer 2008), Rifauddin Tsalitsy (Ilmu Komputer 2009) dan Eko Nugraha (Ilmu Komputer 2009)

Menurut Rifauddin, penghargaan yang bernama Game Developer Award ini terdiri dari 6 kategori utama yaitu 2D PC Game, 3D PC Game, Smartphone based game, Featurephone based game, Flash based game dan Non-Flash based game.

Selain itu juga terdapat dua kategori tambahan, yaitu Special Award for Innovative Mobile Game dan Favorite Local Game Developer.

"Pada kompetisi ini Save Komo memenangkan penghargaan pada kategori The Best Non Flash Game Based," ujar Rifauddin, dalam keterangan tertulis, Rabu (17/10/2012).

Rifauddin menjelaskan bahwa Save Komo merupakan sebuah game yang berjenis physics - puzzle dengan objektif di setiap levelnya untuk menyelamatkan bayi-bayi komodo yang berada di atas tumpukan kontainer dengan cara menghilangkan beberapa kontainer yang tersusun. Game tersebut dapat dimainkan secara online pada link http://bit.ly/savekomo.

"Tujuan membuat game ini adalah untuk memberikan kesadaran terhadap pemain untuk melindungi dan menyayangi komodo yang merupakan binatang langka khas Indonesia," tambahnya.

Ajang ini diikuti oleh sekitar 20 game developer Indonesia. Penjurian dilakukan oleh tiga juri yaitu Shuji Utsumi dari Q Entertainment, Andy Suryanto dari Lyto dan Aditya dari GameStation.

Sampai saat ini Game Studio besutan mahasiswa UGM itusudah menciptakan beberapa game di berbagai platform, seperti Legenda Gatotkaca, Arjuna Sang Pemanah, Bima Si Penakluk, MadFish, dan lainnya.

(ash/fyk)