Sony Tuntut Hacker Pembobol PlayStation 3

Sony Tuntut Hacker Pembobol PlayStation 3

- detikInet
Kamis, 13 Jan 2011 13:50 WIB
Jakarta - Kuasa hukum Sony Computer Entertainment (SCEA) meminta pengadilan San Francisco untuk menghentikan, serta menindak tegas terhadap sekelompok orang yang membobol PlayStation 3 (PS3).

Dalam dakwaannya SCEA menuntut George Hotz (dikenal sebagai geohot) yang sebelumnya sukses membobol iPhone, dan Hector Martin Cantero, Sven Peter, dan beberapa hacker lainya yang tergabung dalam kelompok Failoverflow.

Para hacker tersebut dituntut atas dakwaan pelanggaran Digital Millennium Copyright Act, penipuan dan penyalahgunaan komputer, ditambah dengan pelanggaran hak cipta di California, pelanggaran kontrak, dan beberapa pelanggaran lainnya. Selain itu SCEA juga meminta pengadilan untuk menghentikan peredaran source code, dan software apapun yang bisa digunakan untuk membobol PS3.

Menanggapi hal tersebut Hotz sebagai orang pertama yang membobol PS3 pun tidak merasa takut, ia bahkan masih ingin terus melancarkan aksinya mengumbar informasi terkait proteksi PS3.

"Setelah berkonsultasi dengan tim hukum, saya memutuskan untuk tetap menjalankan penyebaran informasi dan jailbreak," ujar Hotz, dikutip detikINET dari PCMag, Kamis (13/1/2011).

Membobol proteksi ke 'jantung' PS3, memungkinkan pengguna untuk menginstall aplikasi yang diinginkan ke dalam konsol tersebut. Namun bagi SCEA, hal itu malah membuat para gamer memainkan game secara ilegal di konsol mereka. Selain itu mengoprek PS3 juga diklaim bakal mengganggu kinerja konsol tersebut.
(eno/fyk)