Selasa, 29 Sep 2009 11:03 WIB

Deteksi Cacat Jantung dengan Xbox 360

- detikInet
Jakarta - Beberapa penelitian medis berkesimpulan bahwa terlalu banyak bermain video game bisa berbahaya bagi kesehatan. Tapi kini salah satu konsol game yang sedang populer yaitu Xbox 360 bisa digunakan untuk menyelamatkan nyawa seseorang.

Ilmuwan komputer di University of Warwick di Inggris telah menemukan cara untuk mendeteksi cacat jantung dan mencegah terjadinya serangan jantung dengan menggunakan Xbox 360. Alat baru ini memiliki potensi lebih dibanding alat medis yang saat ini digunakan, karena alat ini bisa mendeteksi lebih cepat, lebih baik dan lebih murah dibandingkan dengan sistem komputer yang saat ini digunakan untuk melakukan penelitian jantung kompleks.

Sistem yang digunakan didasarkan pada permainan video yang dibuat oleh Simon Scarle pada dua tahun lalu. Scarle mengubah sebuah kepingan pada alat tersebut sehingga menghasilkan grafik bukan permainan. Dari hasil tersebut dapat memberikan data mengenai bagaimana sinyal-sinyal listrik dalam jantung bergerak yang berguna untuk mengetahui apakah ada sel-sel jantung yang rusak. Selain itu, alat ini memungkinkan dokter untuk bisa mengidentifikasi cacat atau kondisi jantung pasiennya.

"Alat ini sangat pandai untuk mempercepat perhitungan irama jantung yang biasanya dilakukan dalam hitungan jam, kini bisa dilakukan dalam hitungan detik," ujar Denis Noble, Direktur Computational Physiology di Oxford University, seperti dilansir TIME, Selasa (29/9/2009).

Scarle menemukan ide ini dari sebuah permainan "little shooter game" yang pernah dikembangkannya, dimana dalam permainan ini pemain mencoba untuk menembak jatuh musuhnya yang dalam alat ini dimaksudkan adalah jantung. Pengembangan alat ini dilakukannya di University of Sheffield di Inggris.

Xbox 360 bukanlah satu-satunya perangkat yang bisa digunakan untuk penelitian ilmiah. Di University of Massachusetts, di Dartmouth Amerika Serikat, para peneliti menggunakan Sony PlayStation untuk mensimulasi tabrakan lubang hitam dalam memecahkan misteri antariksa. Tapi bedanya permainan Xbox dikembangkan untuk penelitian yang berhubungan dengan kesehatan dan menyelamatkan nyawa seseorang.

(ver/faw)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed