Jumat, 22 Nov 2019 14:09 WIB

Atlet eSport Juga Butuh 'Sekolah' Khusus

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Ilustrasi pemenang eSport (UniPin SEACA 2019) Ilustrasi pemenang eSport (UniPin SEACA 2019)
FOKUS BERITA eSport Bukan Main-main
Jakarta - eSport membuka peluang karir, prestasi dan industri yang serius dan bukan sekadar jago main game. Butuh sekolah khusus untuk atlet yang ingin mantap berkarir.

Salah satu bentuk persiapan untuk atlet eSport adalah EXP Esports Academy. Ini merupakan program pelatihan singkat untuk pemain amatir yang ingin berkarir dan mengetahui lebih dalam mengenai industri eSport serta peluang di masa depan. Program ini berfokus pada kurikulum yang terdiri dari berbagai aspek yang berkaitan dengan pengembangan soft skill pemain.

Dalam rilis kepada detikINET, Jumat (22/11/2019) EXP Esports Academy akan hadir di penghujung bulan November ini. Mereka bekerja sama dengan berbagai mentor dan speaker dari publisher game, pro club, pro player, banking dan juga media eSport yang akan mengisi sesi dan kurikulum yang ditujukan bagi pemain amatir yang ingin berkarir di dunia eSport.

Industri eSport Indonesia telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2018, ada lebih dari 700 turnamen eSport tahunan, lebih dari 20 tim profesional dan lebih dari 7 media fokus pada eSport.
Atlet eSport Juga Butuh 'Sekolah' KhususFoto: (EXP Esport Academy)
Menurut hasil riset Newzoo di tahun 2017, Indonesia memiliki jumlah pemain gim terbesar ke-16 di dunia yakni 43,7 juta pemain dan memiliki pasar gim terbesar kedua di Asia Tenggara. Penerbit gim ternama juga mulai membangun komunitas mereka di Indonesia seperti Moonton dan Garena dengan permainan khas mereka sebagai bagian dari daya tarik utama.

Dalam membangun sebuah komunitas gim, salah satu masalah yang dihadapi adalah kurangnya talenta baru yang berkualitas. Oleh karena itu, EXP Esports Academy hadir dengan tujuan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi para pemain potensial di Indonesia dengan memberikan akses ke mentor yang tepat, memperkenalkan para pemain terhadap ekosistem eSport Indonesia, meningkatkan keterampilan soft skill para pemain, memperluas pengetahuan manajemen keuangan mereka serta mendapatkan liputan media.

Bekerja sama dengan semua pihak di ekosistem esport, EXP Esports Academy meluncurkan program kursus singkat dengan mentor dan pembicara terpilih dan kurikulum yang dirancang khusus bersama Professional Esport Club, Publisher Game, Content Creator, Financial Institution dan partner lainnya. Program ini juga didukung oleh mentor dan pembicara dari OCBC NISP, Moonton, Aerowolf, Garena, dan masih banyak lagi.

EXP Esports Academy akan berlangsung selama dua hari, dari 27 November - 28 November 2019 di Menara Digitaraya, Cikini, Menteng. Acara ini terdiri dari leadership workshop, training workshop, marketing dan personal branding, pembicaraan tentang potensi eSport di masa depan dan workshop tentang manajemen keuangan. Dengan adanya inisiatif ini, diharapkan mampu memberikan peluang yang lebih besar lagi kepada pemain amatir untuk menekuni karir di bidang eSport seperti pro player, caster, maupun streamer.

Simak Video "Kuy Main-main ke Markas Onic Esports di Grogol!"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)
FOKUS BERITA eSport Bukan Main-main