Minggu, 14 Jul 2019 13:02 WIB

Kontroversi dan Prestasi 'Scarlett' sebagai Pemain eSport Wanita

Tim Aegis - detikInet
Kontroversi di awal eksistensi dan prestasi Sasha Scarlett Hostyn dalam dunia eSport. (Foto: Dok. Red Bull) Kontroversi di awal eksistensi dan prestasi Sasha 'Scarlett' Hostyn dalam dunia eSport. (Foto: Dok. Red Bull)
Jakarta - Sasha "Scarlett" Hostyn saat ini eksis di dunia eSport sebagai pemain wanita penuh prestasi yang juga mampu menyaingi pria. Eksistensi kariernya itu sendiri diawali kontroversi.

Awal karier dan kontroversi

Kontroversi dan Prestasi Scarlett sebagai Pemain eSport WanitaScarlett di tim Acer pada awal kariernya. (Foto: Dok. Acer)

Sasha "Scarlett" Hostyn, adalah pemain eSport yang lahir pada tahun 1994 di Kingston, Canada. Ia tumbuh besar dengan bermain game dan saham. Sasha sempat intens bermain Dota 2 walaupun tak bertahan lama. Pada umur 17 tahun dia memutuskan untuk mengikuti turnamen Starcraft, NESL Iron Lady di Amerika Utara. Saat itu dia berpartisipasi di turnamen khusus wanita dan memenangkan turnamen tersebut dua kali berturut-turut.

Walaupun Scarlett memenangkan turnamen NESL Iron Lady, sempat ada kontroversi dari scene Starcraft. Ada yang mempertanyakan jati diri Scarlett karena ia memang tidak terlahir sebagai perempuan. Sasha merupakan seorang transgender.




Dari sinilah muncul banyak pro-kontra yang mengatakan bahwa seharusnya Scarlett tidak boleh menggunakan gender sebagai selling point-nya dan berbagai kecaman lain. Tetapi Scarlett muda saat itu tidak menyerah dan terus berjuang, terlepas dari jenis kelaminnya, sehingga berhasil mengikuti turnamen premier pertamanya. Di turnamen itu juga namanya mulai dikenal dengan performa ciamik lewat ras favoritnya, Zerg. Dia dijuluki sebagai "The Queen of Blades".

Kemenangan besar pertama Scarlett ditunjukkan saat dia mengalahkan Vibe 2-0 tanpa balas di grand final WCS NA Championship Saat itu Scarlett berada di tim Rise Under Acer. Dengan performa gemilang Scarlett berhasil menyabet USD 24.000 dan tiket untuk menuju Starcraft World Championship. Di tahun yang sama, performa gemilang juga ditunjukkan oleh Scarlett saat melibas habis turnamen dengan frag 12-1 di WCS Canada. Di sinilah nama Scarlett mulai ditakuti oleh lawan-lawannya.

Figure 2 Scarlett saat bermain Starcraft. Dok: RedbullScarlett saat bermain Starcraft. (Foto: Dok. Redbull)

Training di Korea dan Kemenangan Fantastik Pertama di Dunia

Pada tahun 2012-2013, Scarlett berkesempatan menjadi satu dari dua pemain Acer yang dikirim ke Korea untuk berlatih. Acer dan MMA selanjutnya bertempat tinggal di Gaming House di Seoul. Di Korea inilah pertama kalinya terukir sejarah baru juga untuk Scarlett. Berada di panji pemain perempuan, ia berhasil mengalahkan pemain laki-laki di ajang GOMTV.

Tidak hanya itu saja prestasi Scarlett. Pada Februari 2018, Scarlett bersama tim Expert mengalahkan pemain yang sangat kuat, yaitu sOs. Scarlett menang dengan skor 4-1 setelah bikin lawannya itu, yang sebelumnya menjuarai turnamen WCS Global Champion 2x berturut-turut, tidak berdaya.




Di sinilah berbagai rekor dipecahkan oleh Scarlett. Ia menjadi pemain perempuan pertama yang berhasil menjuarai turnamen Starcraft premiere. Ditambah lagi, Scarlett juga pemain Starcraft Canada pertama yang berhasil menjuarai premiere turnamen setelah HuK, pemain Canada yang terakhir menjuarai turnamen premiere Dreamhack summer pada tahun 2011. Tidak cukup itu saja, Scarlett juga menjadi pemain asing (di luar Korea) ketiga yang berhasil menjuarai turnamen premiere di Korea setelah Grrrr dan Neeb.

Kontroversi dan Prestasi Scarlett sebagai Pemain eSport WanitaScarlett dengan Trofi Tournament Premiere pertamanya. (Foto: Dok. Intel)

Scarlett jelas butuh kerja keras dan mental kuat untuk menjadi juara. Di balik overlord-overlord Starcraft dari Korea yang sangat kuat dan mendominasi, Scarlett berhasil mengubah stigma gamer perempuan dan menjadi pertama yang juara.

Gimana menurutmu guys, apakah kegigihan Scarlett layak dijadikan idola dan panutan bagi para pemain yang ingin menjadi pro di eSport? Yuk komen di bawah ya.

Trivia tentang Scarlett

Sebagai bonus berikut beberapa trivia tentang Scarlett!
• Sebagai pemain Dota 1, Scarlett hobi membuat custom map Warcraft III
• Namanya masuk ke Guinness Book of World Record sebagai pemain perempuan dengan penghasilan tertinggi di dunia
• Semenjak karirnya di Starcraft, Scarlett berhasil mendapatkan penghasilan sebesar $339,699.52
• Sudah berganti tim sebanyak enam kali dan terakhir memperkuat Newbee, salah satu tim Dota 2 yang terkenal dan pernah menjuarai The International

Penghasilan Scarlett selama bermain Starcraft. Dok : esportsearningsPenghasilan Scarlett selama bermain Starcraft. (Foto: Dok. esportsearnings)


------

Buat kalian yang ingin ikut berkontribusi di dunia esports Indonesia, yuk gabung sebagai coach atau content creator di Aegis. Nggak kalah seru juga kalau kamu Ingin lebih jago di game favoritmu. Yuk gabung dengan AEGIS, First Indonesia Educational Esports Platform!

Kunjungi
AEGIS (Akademi Esports Indonesia)
www.ae-gis.id
Instagram : aegis.gg
Facebook: @aegis.id





Simak Video "Mampukah Smart Ride Saingi Gojek dan Grab?"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/krs)