Senin, 07 Mei 2018 14:26 WIB

Review Produk

GameSir X1 Battledock, Bisa Main Game Mobile Rasa PC

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Dalam beberapa tahun belakangan, perkembangan game mobile semakin meningkat pesat. Tak hanya dari segi grafis, banyak game mobile sekarang yang juga dibekali dengan pengalaman bermain yang tak kalah seru dengan platform game lainnya.

Namun, tentu saja dengan ukurannya yang mungil, terkadang ruang gerak terasa terbatas, khususnya untuk game-game tertentu, seperti misalnya game shooter. Tak dipungkiri memang, genre game ini paling enak dimainkan di platform PC.

Dengan dukungan mouse dan keyboard, seseorang bisa bergerak lincah mengarahkan tembakannya ke musuh. Walaupun memang sebagian besar gamer konsol turut mengakui bahwa main game tembak-tembakan juga nyaman dilakoni dengan menggunakan kontroler konsolnya.



Lalu, bagaimana dengan game mobile yang notabene mengandalkan layar sentuh di smartphone? Tidak ada masalah sebenarnya. Tembak-tembakan dengan layar sentuh masih cukup asyik. Walau memang beberapa pemain yang 'kurang pandai' ini merasa kurang nyaman.

Berangkat dari permasalahan tersebut, produsen game aksesoris GameSir mencoba untuk merilis perangkat aksesoris terbaru bernama GameSir X1 Battledock. detikINET berkesempatan menjajal perangkat ini.

Kotak kemasan GameSir X1 Battledock.Kotak kemasan GameSir X1 Battledock. Foto: Muhammad Ridho


Dari awal perangkat ini datang ke meja kerja kami, kami sudah bisa menebak bahwa kegunaan utama GameSir X1 Battledock tak lain untuk bermain game shooter. Hal ini ditujukkan dari cover kotak kemasan yang menampilkan perangkat lengkap dengan smartphone yang sedang bermain game Rules of Survival.

Game buatan Netease ini memang sedang naik daun bersama dengan game Battle Royale lainnya, seperti Free Fire dan PlayerUnknown's Battleground (PUBG) Mobile. Karenanya, kami berpikir jika bermain game Battle Royale dengan GameSir X1 Battledock akan terasa menyenangkan.

Foto: Muhammad Ridho


Tak sabar, kami pun membuka kotak kemasan yang ada di dalamnya. Jujur, melihat GameSir X1 Battledock seperti melihat sebuah mini PC, tapi dengan docking di atasnya. Warnanya silver dengan sedikit aksen chrome di beberapa bagian. Warna silver ini seolah memberi impresi metal, tapi sebenarnya materialnya terbuat dari plastik.

Untuk bobotnya sendiri, GameSir X1 Battledock sangat ringan dan nyaman di bawa ke mana-mana. Tapi memang perangkat ini terlalu besar bila ingin dimasukkan kantong. Di bagian permukaan kotak perangkat terdapat logo GameSir, tombol, dan empat panel LED.

Foto: Muhammad Ridho


Tombol ini berfungsi untuk menghidupkan Bluetooth. Ya, untuk menghubungkan smartphone dengan perangkat, GameSir memanfaatkan Bluetooth. Ini sangat bagus karena meminimalisir perintilan kabel. Tapi, hal ini tentu membuat baterai ponsel menjadi boros.

Bermain game sembari mengaktifkan sinyal Bluetooth tentu akan menguras baterai. Walaupun, Anda bisa memainkannya sembari ponsel dalam kondisi terisi. Namun, ini sangat tidak disarankan karena bisa merusak baterai.

Untuk bisa memainkan game dengan GameSir X1 Battledock ini diperlukan sedikit pengaturan. Caranya adalah dengan mengunduh aplikasi GameSir World di alamat ini https://www.gamesir.hk/gsw dan juga jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Xiaoji untuk pemetaan kontrol melalui PC.


Sebelum membuka aplikasi GameSir World, Anda harus memetakan kontrol lewat PC. Jangan lupa untuk mengaktifkan USB Debug untuk perangkat Android. Untuk mengaktifkannya Anda bisa ke menu setting, masuk ke About Phone dan tap beberapa kali di 'build number'.

Menyambungkan smartphone dengan GameSir X1 Battledock tidak sulit. Tak perlu rooting perangkat Android. Begitu juga dengan pemetaan kontrol, karena beberapa game sudah otomatis terpetakan kontrolnya di GameSir X1 Battledock ini.

Meski begitu, ada beberapa letak kontrol keyboard yang tak sesuai dengan kebiasaan. Pengguna hanya tinggal mengubahnya, misal mau kontrol nunduk yang tadinya di tombol Z bisa diubah ke tombol CTRL. Begitupula bila Anda ingin menambahkan kontrol-kontrol yang lainnya.

Foto: Muhammad Ridho


Untuk mouse-nya sendiri cukup responsif pergerakannya. Cuma ada satu masalah, yakni kemunculan kursor panah secara tiba-tiba. Hal ini membuat pergerakan mouse menjadi terhambat. Namun, masalah ini bisa diatasi dengan menekan tombol tab sampai kursor panah menghilang.

Dari pengalaman kami menjajal perangkat ini, bisa dibilang GameSir X1 Battledock ini adalah solusi bermain game Battle Royale dengan rasa PC. Walaupun saat ini sudah ada emulator dan semacamnya, tapi tidak semua PC atau mungkin sanggup mengakomodir jalannya emulator.

Selain itu, dengan GameSir X1 Battledock toh kalian tak perlu repot-repot menyalakan PC kalau ingin bermain. Perangkat ini ringan bisa dibawa ke mana saja. Kecuali keyboard, mungkin kalian ada niat membeli half keyboard untuk ukuran yang lebih ringkas.

(mag/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed