Rabu, 21 Mar 2018 06:36 WIB

Hands-on

PUBG Mobile: Pesaing Berat Game Battle Royale Mobile

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Tech Crunch Foto: Tech Crunch
Jakarta - Tidak butuh waktu lama bagi Tencent Games untuk melempar game Player Unknown's Battlegrounds (PUBG) mobile ke luar China. Setelah soft launch di Kanada, game ini kini sudah tersedia di toko aplikasi beberapa negara luar.

Ketika menyambangi Google Play Store regional Indonesia, detikINET langsung mengunduh game iyang ditawarkan secara cuma-cuma ini. Bagi yang berminat, sebaiknya menyiapkan setidaknya 678 MB ruang kosong di memorinya dan tentunya koneksi internet yang kencang.

Karena sudah tidak sabar, detikINET mencoba untuk memainkannya dan berikut hands-on singkat dari game PUBG versi mobile.

PUBG Mobile: Pesaing Berat Game Battle Royale MobileFoto: screenshot detikINET



Grafis Mantap

Rasa kagum menyelimuti ketika berada di lobby utama game. Atmosfir game PUBG di PC terasa, manakala tampilan lobby utama dalam game mobile ini mirip dengan apa yang ditampilkan di PC, bahkan sampai musiknya pun dibuat sama.

Ketika pertama kali login, kamu akan dihadapkan pada pembuatan karakter, bagaimana rupa wajah karakter, rambut, nama, hingga jenis kelamin. Berbeda dengan game Rules of Survival, dimana kamu bisa mengganti jenis kelamin dan wajah sesuka hati.

Di PUBG versi mobile ini kamu pun sejatinya bisa mengubah tampilan dan jenis kelamin, hanya saja membutuhkan kocek 3.000 BP (mata uang dalam game). Karenanya, penentuan tampilan menjadi hal yang penting di awal permainan.

PUBG Mobile: Pesaing Berat Game Battle Royale MobileFoto: screenshot detikINET


Berhubung masih pemula, karakter yang kami mainkan masih hanya menggunakan celana dalam. Tak perlu khawatir, karena di dalam game nanti Anda bisa menemukan pakaian untuk menutupi aurat.

Bila dibandingkan dengan game serupa di kelas mobile, bisa dibilang PUBG mobile punya grafis lebih bagus. Walaupun di versi beta yang detikINET mainkan hanya ada pengaturan grafis sampai HD. Namun ternyata itu tidak berlaku untuk semua perangkat, karena ada teman yang hanya bisa mengatur grafis sampai balance.

Untuk settingan grafis lebih tinggi disebut akan datang dalam waktu cepat. Meski grafis bisa dibilang bagus, ada satu hal yang membuat PUBG mobile ini berbeda dari game lain, yakni rumput yang tidak bergoyang. Di sini rumput tidak dinamis alias diam.

Kontrol Mudah

PUBG Mobile: Pesaing Berat Game Battle Royale MobileFoto: screenshot detikINET


Kontrol PUBG mobile ini tidak jauh berbeda dari game battle royale shooter mobile lainnya. Kamu bisa mengatur tingkat kenyaman di setting, apakah ingin menggunakan layar kiri untuk bergerak, sementara kanan untuk menembak, atau sebaliknya. Begitupula dengan setting kemudi.

Bagi yang sudah terbiasa memainkan game battle royale shooter di mobile, kontrol di PUBG ini terbilang mudah. Kamu tinggal membiasakan diri saja bagi yang baru bermain.

PUBG Mobile: Pesaing Berat Game Battle Royale MobileFoto: screenshot detikINET


Bila dibandingkan dengan game sejenis, scope di PUBG mobile ini lebih terlihat detil, bahkan untuk scope x2 sekalipun. Biasanya di game lain, scope x2 tidak begitu membantu untuk pertarungan jarak menengah. Namun, di PUBG pertempuran jarak menengah bisa dilakoni dengan mantap.

Untuk gerakan lainnya, seperti melompat, nunduk, dan merangkak sama persis seperti versi PC. Beberapa gerakan seperti melewati jendela yang khas bahkan sempat ditiru oleh developer game lain.

Dan ketika bicara jendela, di PUBG mobile ini tidak ada yang namanya kaca. Anda bisa langsung masuk ke dalam bangunan tanpa memecahkan kaca. Hal ini tentu menjadi sulit bagi kamu mendengar apakah ada musuh yang masuk atau tidak.

Karena ini masih sebatas beta, maka wajar bila terdapat bug dan glitch. detikINET ketika pertama kali mencoba langsung dihadapkan dengan glitch, dimana ketika terjun langsung berada di tanah dan stuck di posisi tersebut.

Komunikasi menggunakan mikrofon juga masih belum sempurna. Suara terdengar patah-patah dan terdengar menggema dan ada echo. Semoga developer segera memperbaiki hal ini.


Opini detikINET

PUBG Mobile: Pesaing Berat Game Battle Royale MobileFoto: screenshot detikINET
PUBG mobile memang mantap dan pantas untuk dinanti-nanti. Dengan kemunculan PUBG mobile, kemungkinan gamer permainan sejenis untuk pindah haluan bisa saja terjadi karena toh semua game battle royale mobile yang ada saat ini semua berkiblat pada PUBG.

Meski demikian, game ini juga akan kedatangan pesaing yang tak kalah menarik, yakni Fortnite Battle Royale mobile yang akan segera dirilis secara global.

Ya walaupun mengusung genre yang sama, yakni battle royale shooter, baik PUBG dan Fortnite hadir dengan konsep karakter yang berbeda. Di Fortnite lebih mengutamakan grafis ala animasi, sementara PUBG lebih kepada game perang seperti Battlefield, lengkap dengan senjata yang terinpirasi dari senjata dunia nyata. (mag/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed