BERITA TERBARU
Selasa, 13 Jun 2017 03:40 WIB

E3 2017

Membeberkan Spek 'Dewa' Xbox One X

Yudhianto - detikInet
Foto: xbox one x Foto: xbox one x
Jakarta - Microsoft resmi memperkenalkan konsol game terkencang sejagat, Xbox One X. Mari ungkap spesifikasinya yang masuk kategori 'dewa'.

Sempat dikenal dengan sebutan Project Scorpio, salah satu kelebihan konsol game ini adalah kemampuannya meladeni game dengan resolusi 4K pada refresh rate 60 Hz. Kalau untuk sebuah PC, gamer setidaknya membutuhkan dana sekitar Rp 15 jutaan untuk mewujudkan hal tersebut.

Tapi Xbox One X seakan memecahkan anggapan tersebut dengan banderol di angka USD 500 atau sekitar Rp 6,6 juta.

Meski dengan banderol yang tak sampai setengahnya, jangan anggap remeh spesifikasi yang diusung konsol game terbaru Microsoft ini. Proseosrnya yang octa core dengan pabrikasi 16 nm merupakan hasil penyempurnaan dari AMD 'Jaguar' yang sebelumnya terbenam di Xbox One dan PlayStation 4. Kecepatan clock-nya sendiri mencapai 2,3 GHz.

Teknologi octa core yang diusungnya juga tidak murni, melainkan paduan dua cluster quad core.

Sementara RAM yang diusung mengandalkan interface 384-bit atau 6 kanal. Masing-masing kanal dibekali besaran RAM 2 GB, sehingga secara total Xbox One X memiliki RAM yang mencapai 12 GB!

Tapi besaran RAM tersebut tidak hanya digunakan oleh prosesor sendirian, melainkan sistem secara keseluruhan. Jadi prosesor dan kartu grafis bisa saling menggunakannya.

Membeberkan Spek 'Dewa' Xbox One XFoto: internet


Menariknya lagi, seperti detikINET kutip dari Tech Power Up, Selasa (13/6/2017), pengembang game sejauh ini disebut masih berusaha mengoptimalkan penggunaan RAM 8 GB untuk game besutannya .

Jadi Xbox One X seakan memberikan backup 4 GB sebagai antisipasi kalau-kalau sistem meminta sumber RAM yang lebih besar dari 8 GB, sekaligus untuk memastikan game yang berjalan pada resolusi 4K bisa dimainkan tanpa masalah.

Paduan interface 384-bit dengan besaran RAM mencapai 12 GB pun kabarnya menjanjikan bandwidth sampai 326 GB/detik.

Sementara itu chip grafis Xbox One X dibekali 40 Graphics Core Next (GCN) compute unit atau 2.560 stream processor, yang berbasis dari AMD Polaris. Sedangkan kecepatan clock chip grafisnya sendiri mencapai 1.172 MHz.

Di sisi audio, Xbox One menonjolkan konfigurasi 7.1 yang keluar lewat port HDMI. Sistem audio tersebut juga didukung oleh teknologi Dolby Atmos dan HRTF, sebuah format audio yang dikembangkan Microsoft untuk HoloLens, dioptimalkan untuk komputasi berbasis virtual reality.

Lantas bagaimana konsumsi dayanya? Microsoft menyertakan power supply eksternal dengan kapasitas yang mencapai 275 watt untuk menjawab kebutuhan daya komponen-komponen di balik performa gahar Xbox One X. (yud/afr)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed